BAHASA GAUL SUNDA DAN INDONESIA BISA SALING KONTROVERSI

 
Bahasa Indonesia dipakai oleh orang-orang Sunda, istilah gaul orang-orang Sunda juga kadang-kadang sering dipakai oleh sebagian orang Indonesia. Meski bahasa gaul yang memakai orang Indonesia dan orang-orang Sunda juga, tapi artinya bisa saling kontroversi, bisa beda jauh bahkan saling berlawanan. Misalnya :
MANGGA : Kalau untuk orang Sunda artinya silahkan, tapi untuk bahasa Indonesia, mangga itu nama satu jenis buah.
BUAH. orang Sunda memakai kata ini untuk menyebut buah mangga. Sedangkan bahasa Indonesia buah adalah nama jenis tanaman
PARIA. Untuk bahasa Inonesia artinya sama juga bermacam-macam, Aneka (varia), tapi orang Sunda menyebut paria untuk sebuah buah sayuran yang rasanya pahit.
PARE, Di Sunda orang menggunakan kata ini untuk tanaman padi, sebaliknya di Indonesia pare adalah jenis buah sayuran yang rasanya pahit tadi.
SUKU dalam bahasa Sunda artinya kaki. Untuk Indonesia suku itu sama dengan etnik.
GETEK kalau di Sunda artinya reaksi spontan geli, tapi untuk Indonesia, khususnya Betawi, getek adalah jenis angkutan di air, semacam sampan.
BANGSAT, istilah ini dipakai oleh orang Sunda untuk menyebut maling, tapi kalau orang Jakarta kata gaul bangsat dipakai untuk menghardik seseorang atau ngomel2 sambil teriak. Atau bisa juga bangsat itu binatang serangga seperti kutu yang bisa membuat gatal-gatal kulit yaitu tumbila.
GANAS ini sebutan Sunda untuk buah nanas, bagaimana kalau untuk artI bahasa INDONESIA ?
LABUH artinya jatuh kalau di Sunda, tapi kalau bahasa Indonesia artinya nama buah.
SAAT artinya kering (air habis), untuk bahasa Indonesia artinya sebagai pelengkap waktu.
SITU dalam bahasa Sunda sama juga telaga atau danau, namun untuk Indonesia artinya keterangan tempat, bahkan kata gaul SITU ini dipakai oleh suku Jawa untuk kata ganti orang yaitu kamu.
ULAH. Kalau orang Jawa Barat menyebut kata ulah, artinya “Jangan”. Tetapi Indonesia menjadikam kata ULAH ini sama juga tingkah laku.
LOBA kalau bahasa Sunda artinya Banyak, untuk Indonesianya loba artinya pelit, kikir.
GANDENG itu dalam bhs Sunda untuk menyebut suasana berisik, namun bahasa Indonesia memakai istilah gandeng untuk pekerjaan menarik untuk membawa sebuah barang dll.
GORENG artinya jelek kata orang Sunda. Gimana dengan Indonesia ? Goreng artinya yaitu memasak.
BUDAK. Orang Sunda memakai istilah budak untuk menyebut anak, sementara bahasa Indonesia budak artinya orang yang dipaksa bekerja.
URUT itu artinya bekas, kata orang Sunda, Indonesianya urut berarti pijit (tangan, kaki, tubuh dll)
MUTU : pasangan cobek (ulekan). Mutunya bahasa Indonesia artinya kualitas.
TUANG artinya makan. Dalam bahasa Indonesia berarti air yang di kucurkan ke sebuah gelas atau cangkir dll.
GADUH kalau di sunda artinya punya. Untuk Indonesia maknanya berisik.
SEPUH artinya tua. Dalam bahasa Indonesia sepuh berarti proses mewarnai benda dengan emas atau perak.
AMIS untuk Sunda berarti manis. Amis dalam bahasa Indonesia berarti aroma anyir aroma ikan, daging, darah dll.
LAUK = di Sunda sama juga ikan. Indonesia, lauk artinya masakan yang akan dimakan.
BURUK=busuk untuk buah-buahan. Dalam bahasa Indonesia buruk=jelek. Misal :buruk rupa atau perangai buruk.
ERA. Orang Sunda memakai kata ini untuk menyebut: malu. Untuk Indonesia ERA= jaman atau masa. Misal : ERE kejayaan.
LUHUR dalam bhs Sunda artinya atas (posisi). LUHUR dlm bahasa Indonesia = mulia (dalam hal akhlak)
BUMI. Orang Sunda menggunakan kata BUMI untuk menyebut Rumah. Untuk Indonesia BUMI itu artinya ? …
SAMPING : Kain (untuk bahasa Sunda). SAMPING jika dalam bahasa Indonesia berarti ? …
ALI. Orang Sunda menyebut istilah ini untuk menyebut barang yang belum lama populer yaitu batu cincin. Namun ALI untuk Indonesia bisa juga sebuah nama orang.
TONG dalam bhs Sunda artinya jangan (larangan). Untuk Indonesia tong itu sama juga tempat sampah.
LETAK = jilat. Dalam bahasa Indonesia artinya untuk menerangkan tempat.
ANGEL. Khusus yg ini satu pengecualian. Orang Sunda memakai kata ini untuk menyebut bantal. Tapi orang Inggris menggunakan kata ANGEL yang artinya malaikat
TUKANG di Sunda artinya posisi belakang. Kalau Indonesia TUKANG artinya profesi sebuah keterampilan. Misal : Tukang bubur, tukang es dll.
KENA artinya naik (untuk kendaraan). Kalau Indonesia KENA artinya: ???
EMUT = INGAT (untuk orang Sunda). Untuk Indonesia, EMUT itu berarti, seperti makan permen diEMUT sampai habis.
CELENGAN=SEPTIC TANK kalau di Sunda. Kalau bhs Indonesia Celengan itu tempat utk menaruh uang selain dompet.
TERAS di Sunda sama juga Terus. Dalam bhs Indonesia TERAS = lokasi/bagian daroi sebuah rumah.
TEH=panggilan untuk kakak di Sunda. Sementara TEH untuk bahasa Indonesia.
Beberapa kata atau istilah gaul yang telah disebutkan di atas sudah sangat jarang digunakan karena evolusi kata-kata gaul terus menerus berjalan. Salah satunya pengaruh dari media dan pergaulan dengan etnik Jakarta.Artikel Lain :

Advertisements

SEKS

Seks itu memang sudah menjadi rahasia umum, tapi sex itu bukan untuk diumbar di depan umum,
Semua orang dewasa yang normal baik laki-laki atau perempuan sedikit banyak pasti tahu tentang alat kelamin lelaki. Demikian juga semua orang dewasa yang normal baik wanita mauapun pria juga tau alat kelamin wanita.
Jadi seks itu memang sudah menjadi rahasia umum, tapi meskipun demikian, sex itu bukan untuk diumbar di depan umum,
Semua orang yang normal, pria dan wanita, sangat suka akan seks, tapi tolong, urusan seks jangan sesuka-sukanya, walaupun atas dasar suka sama suka.
Karena salah satu dampak buruk dari seks bebas, hubungan seks sebelum nikah, sex menyimpang, perzinahan, adalah bisa merusak garis keturunan. “Memangnya bapaknya siapa sih ?” “Bokapnya yang mana sih?” “Ayahnya kemana tuh ?”
Jawab : “Nggak jelas !”
noleh2Sekali lagi : “Seks itu memang sudah menjadi rahasia umum, tapi sex itu bukan untuk diumbar di depan umum.
Semua orang dewasa yang normal baik laki-laki atau perempuan sedikit banyak pasti sudah pernah merasakan getaran ketika berhadapan dengan lawan jenis.
Dalam ajaran Islam, seorang perempuan yang bercerai dengan suaminya harus menunggu apa yang disebut dengan istilahnya masa idahnya, untuk memastikan rahimnya dalam keadaan bersih, normal dan netral, baru boleh menikah lagi dengan lelaki yang lain.
Salah satu tujuan pernikahan adalah menyalurkan hasrat seks di jalur yang diridhoi oleh Allah SWT dan semua pihak yang berhak.
Kampanye pengunaan alat kontrasepsi bukan untuk melegalkan, mengijinkan, memaklumkan seks pra-nikah, gonta-ganti pasangan, tapi justru untuk memperingatkan (sekali lagi), akan bahayanya seks bebas.
Masalah seks dengan segala plus minusnya, salah satunya yaitu seks menyimpang sudah terjadi pada masa nabi Luth a.s. Masalah seks yang bisa mempengaruhi harga diri pejabat tinggi sudah terjadi di jaman Nabi yusuf a.s.
Tema tentang seks lebih cepat laku alias laris, dari dunia tulis menulis, televisi, layar lebar hingga internet.
Skandal seks bisa terjadi dan melibatkan pejabat tinggi di negara adidaya
Skandal seks bisa terjadi dan melibatkan pejabat tinggi di negara yang lemah daya
Orang kuat (baca:orang berpengaruh dan berkuasa), belum tentu seksnya kuat.
Orang yang lemah (baca: orang yang kurang mampu), belum tentu seksnya lemah.
Maka sekali lagi, “Seks itu memang sudah menjadi rahasia umum, tapi sex itu bukan untuk diumbar di depan umum.

ISTILAH GAUL BISA JADI ANEH

Istilah, kata-kata gaul atau bahasa gaul berikut ini ada yang merupakan hasil serapan dari bahasa asing, seperti Inggris, Arab, Jerman bahkan dari bahasa Indonesia sendiri, di mana kata atau istilah tersebut jadi terkesan aneh. Kenapa ? Karena artinya jadi kabur dan jauh sekali dari kata asal katanya bahkan nggak nyambung bahkan bisa bentrok dengan kata benda yang lain misalnya, tapi akhirnya karena sudah terlanjur sering dipakai dan makin banyak orang yang mengerti, maka jadi enak untuk digunakan. Beberapa diantaranya barangkali sudah jarang digunakan.

CASAN : Cas atau dicas yg artinya isi ulang power listrik. Asal kata dari bahasa Inggris yaitu charge dibaca carz, lama2 lidah orang Indonesia merubahnya menjadi cas dan akhirnya menjadi kata benda casan.
TEH BOTOL = Digunakan untuk menyebut minuman teh manis dalam kemasan botol, apapun mereknya.
SITU : Kata pengganti untuk kamu atau anda. Biasanya dipakai untuk menyapa orang yang belum saling mengenal atau juga sudah saling mengenal untuk menegur sapa. SITU artinya bisa juga sebuah danau kecil.
NgeBLENG : Dipakai untuk menerangkan kondisi pikiran atau otak seseorang yang tiba-tiba hilang ingatan, tapi bukan gila. Misalnya seorang pelajar yang ketika sedang ulangan umum jadi lupa semua, padahal malamnya sudah hafal. Asal kata BLANK, dari bahasa Inggris yang artinya hampa, kosong.
FER-FERAN : Asal kata dari bahasa Inggris yaitu FAIR, saling berterus terang, saling terbuka apa adanya. Misalnya “Gw sih fer-feran aja yah ama lu”
PRE : Libur dari kegiatan, misalnya kerja. Asal katanya dari bahasa Inggris yaitu FREE yang artinya bebas, bisa juga
gratis alias tidak bayar.
AKUA : Digunakan untuk menyebut minuman air putih mineral dalam kemasan, apapun mereknya.
SELFI : Memotret diri sendiri, biasanya dengan ponsel. Asal kata SELF dari bahasa Inggris yang artinya sendiri.
GOPE : Dipakai untuk menyebut nilai mata uang rupiah lima ratus. Entah karena nggak mau repot atau yang lainnya, biasanya anak-anak kecil menyebutnya gope.
KOREK : Khusus untuk para perokok, istilah gaul ini dipergunakan untuk menyebut lighter, yaitu alat pemantik api untuk membakar rokok, padahal arti kata korek tidak nyambung sama sekali dengan lighter itu. Karena dulunya biasa menggunakan korek api yang berbentuk batang-batang kecil seperti korek kuping.
RUSUH : Asal kata RUSH dari bahasa Inggris, yang artinya, sibuk, gaduh. Di Indonesia dipakai untuk menggambarkan keadaan yang kacau balau.
AMPAW : Hadiah berupa amplop berisi uang. Tapi lama-lama digunakan orang untuk meminta hadiah uang, meski tanpa amplop. Awalnya populer ketika ada IMLEK, tahun baru CINA.
INDOMI = Digunakan untuk menyebut mie instan dalam kemasan, apapun mereknya.
LOPE : Asal kata LOVE dari bahasa inggris. Bagi yang kurang terbiasa bahasa Inggris begitulah menyebutnya. Sebutan untuk gambar hati, heart.
SEMPROT : Digunakan untuk seseorang yg dimarahi oleh bosnya. “Pagi-pagi bos tiba-tiba marah-marah nggak karuan, gw jadi kena semprot juga”. Kata SEMPROT sendiri pada mulanya adalah mengeluarkan air melalui selang.
SOLASI : Pita plastik berperekat untuk merekatkan kabel. Arti solasi sendiri untuk melindungi sesuatu dari sentuhan luar.
SABETAN : Penghasilan yang didapat dari luar kerjaan yang biasa diterima. Boleh juga disebut kerjaan sampingan. Apa arti kata SABET pada awalnya ?
STIM : Cuci kendaraan dengan disemprot air bercampur uap, diSTIM. asal kata STEAM dari Bahasa Inggris yang artinya uap juga.
CELANA LEPIS : Untuk menerangkan tentang celana yang dibuat dari bahan serat jeans, apapun merknya. Asal kata LEVI’S.
OBAT NYAMUK : Menerangkan obat untuk membasmi atau membunuh nyamuk. Sebetulnya obat anti nyamuk, tapi entah karena untuk lebih ringkas, maka banyak orang menyebutnya dengan OBAT NYAMUK, kesannya jadi obat untuk nyamuk yg sedang sakit agar cepat sembuh.
KECIPRATAN : Mendapat uang atau rezeki dari orang yang mendapat rezeki juga. Asal katanya CIPRAT yang arti sebenarnya terkena genangan air yang terlempar ke tubuh.
JALAN TIKUS : Jalan alternatif untuk menghindari jalan utama sedang macet parah. Biasanya jalan pedalaman kampungrumah-rumah penduduk.
BAJINGAN : Digunakan untuk menyebut orang yang berperilaku kurang baik, menyimpang. Tapi bagaimana asal mulanya menggunakan kata bajing yang asal katanya adalah seekor hewan yang tidak buas ? Contoh : “Asal lu tau aja yeh, gue ini mantan BAJINGAN !”
LAMPU MERAH : Lampu pengatur lalu lintas, terdiri dari 3 warna, merah, kuning, hijau. Tapi orang jarang sekali, bahkan belum pernah dengar orang menyebut dengan istilah lampu hijau atau kuning. Misalnya : “Banyak pengamen di LAMPU MERAH perempatan”
MATRIAL : Asal kata material, artinya barang-barang untuk proses produksi, Namun kata matrial ini sudah terlanjur populer untuk sebutan penjuall bahan-bahan bangunan dan perlengkapannya, yaitu Toko Matrial.
GANG SENGGOL : Istilah ini untuk menyebutkan atau bahkan sudah terlanjur menjadi nama sebuah
jalan atau gang yang sangat sempit, yang hanya cukup untuk dilalui satu orang saja, maka ketika
berpapasan dengan orang lain dari arah yang berlawanan pasti akan terjadi senggolan.
BODONG : Kalau dipakai untuk surat2 sertifikat atau kendaraan bermotor, maka itu adalah palsu
atau tidak resmi. Misalnya motor bodong (nggak ada BPKBnya) atau surat2nya bodong yaitu palsu.
Arti bodong sebelumnya yaitu kondisi pusar di perut yang masih terlihat menonjol keluar.
MOLOR : dipakai sebagai kata kerja yang sama dengan tidur. Entah asal katanya dari bahasa
Indonesia atau bahasa daerah, sunda misalnya. Tapi kata ini jadi sering digunakan untuk keadaan
waktu yg tidak tepat atau terlambat.

Kata-kata gaul bagaimanapun situasi dan kondisinya pada kenyataannya terus berevolusi, terutama kalau yang
mempopulerkannya itu orang banyak dan digunakan terus menerus.

PENGALAMAN

makro

Pengalaman artinya adalah suatu peristiwa yang pernah terjadi, yang dialami oleh seseorang atau orang banyak, yang bisa mempengaruhi kehidupannya, bahkan bisa pula mempengaruhi kehidupan orang lain. Jadi, pengalaman itu kejadian yang sudah terjadi, bukan kejadian di masa akan datang, tidak ada pengalaman yang akan datang. Misalnya si A punya pengalaman, kemudian dia menceritakannya kepada temannya atau saudaranya yaitu si B. Ternyata setelah diceritakan oleh si A, si B jadi terpengaruh, entah terpengaruh jadi larut dalam kesedihan ataupun larut dalam kegembiraan.
Setiap orang dalam masa hidupnya pasti punya pengalaman. Mulai dari yang masih balita hingga apalagi yang sudah dewasa. Pengalaman ada yang sifatnya baik dan bermanfaat ada pula yang sifatnya tidak baik atau buruk, jadi pengalaman buruk dan jangan sampai terulang lagi.
Ada pepatah : PENGALAMAN ADALAH GURU YANG SANGAT BERHARGA

Banyak orang-orang sukses, orang-orang yang sudah berhasil, sesuai dengan bidangnya masing-masing tentunya, berkata seperti berikut “SAYA BANYAK BELAJAR DARI PENGALAMAN”. Jadi secara langsung atau tidak langsung, orang tersebut mendapatkan ilmu dari peristiwa yang pernah dialaminya ataupengalamannya, atau juga pengalaman orang lain yang mempengaruhinya. Maka seseorang yang sudah berpengalaman dalam bidang tertentu akan mendapatkan nilai lebih dalam pandangan masyarakat dibanding yang belum berpengalaman, misalnya dalam persaingan mendapatkan pekerjaan.

ARE YOU EXPERIENCE ?  The EXPERIENCED
Pengalaman kalau diceritakan secara lisan maupun tulisan, sedikit apalagi banyak, di dalam dunia akademik atau dunia pendidikan itu sama artinya dengan sejarah yang dalam istilah asingnya disebut history. Jadi sejarah itu identik dengan pengalaman.
Sehubungan dengan sejarah dan pengalaman, Allah SWT menurunkan salah satu mukjizatnya kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu dalam bentuk AL-Qur’an, banyak diantara ayat-ayat dan surat-suratnya yang menjelaskan dan menceritakan tentang sejarah dan peristiwa yang pernah dialami oleh para umat terdahulu sebelum masa umatnya Nabi Muhammad SAW hingga umat nabi Muhammad SAW sendiri. Terutama peristiwa sejarah yang dialami oleh para Nabi dan Rosul sebelum Nabi Muhammad SAW sampai Nabi Muhammad SAW sendiri. Misalnya peristiwa atau sejarah tentang manusia yang pertama sekaligus Nabi yang pertama yang diturunkan oleh Allah, yaitu Nabi Adam as. Lalu ada lagi peristiwa yang menceritakan tentang perjalanan kehidupan Nabi NUH as beserta umatnya. Kemudian sejarah yang mengkisahkan tentang seorang Nabi Soleh as. Selanjutnya peristiwa yang dialami oleh yang disebut sebagai Bapaknya para nabi, yaitu Nabi Ibrohim as. Terus ada kisah yang menceritakan tentang sejarah Nabi Luth as. Juga tentang Nabi Musa as dengan mukjizatnya yang membelah laut, Nabi Yusuf as, Nabi Ayub as, Nabi Sulaiman as, nabi Yunus as sampai Nabi Isa as hingga peristiwa-peristiwa di jaman Nabi Muhammad SAW sendiri.
Dengan banyaknya penjelasan atau kisah sejarah yang dialami oleh para Nabi dan Rosul di dalam Al-Qur’an tersebut, maka terbuktilah bahwa pengalaman itu bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi yang mengalaminya dan bisa pula sangat penting untuk dijadikan pelajaran oleh generasi-generasi berikutnya. Entah pengalaman itu jangan sampai terulang lagi di masa mendatang atau untuk menjadi bahan referensi. Ada sangat banyak sekali contoh-contoh pengalaman yang lain yang terjadi di masa era modern yang bisa menjadi pelajaran yang sangat berguna bagi generasi setelah peristiwa tersebut. Seperti peristiwa pahit akibat dari perang Dunia I dan Perang Dunia II, yang sangat banyak menelan korban jiwa dan kerusakan.
Dan peristiwa-peristiwa penting lainnya yang terjadi di dunia, termasuk di Indonesia.

DUNIA FILM SINETRON DAN SANDIWARA POLITIK

 

 

Film atau sinetron bisa saja jadi memanjang alias berseri, karena itu biasanya dilihat dari grafik dengan istilah dalam dunia siaran juga perfileman disebut rating, penilaian atau apresiasi dari para pemirsa, terlepas dari baik atau buruknya mutu, menghibur atau tidaknya, lucu atau seramnya sinetron film tersebut. Kalau rating atau apresiasi dari para penonton sangat bagus dan tinggi, maka film atau sintron tersebut bisa memanjang, bisa berseri. Seperti contoh dalam film-film hollywood, tapi yang udah agak jadul, film Rambo dari yang awalnya berjudul First Blood dilanjutkan dengan yang berikutnya yaitu Rambo 2 atau First Blood Part2 kemudian dilanjutkan dengan Rambo 3 hingga Rambo 4, yang semuanya dibintangi oleh aktor Sylvester Stallone. Lalu ada lagi film fiksi Terminator yang dibintangi oleh aktor Austria yang sempat menjadi gubernur Negara Bagian California Amerika Serikat, Arnold Schwarzenegger, dari yang pertama lalu Judgement Day hingga Terminator 3 yang bertema The Rises of Machine. Ada lagi misalnya film Jurassic PARK, film yang berlatar belakang mahluk purbakala yang pernah hidup jutaan tahun yang lalu yang sudah punah yang disebut dinosaurus ini sudah ada 3 episode.
Demikian juga di Indonesia khususnya sinetron di beberapa stasiun televisi. Pernah ada sebuah tayangan sinetron yang lama sekali selesainya, habisnya sampai melibatkan anak-anak yang menjadi tokoh awal mula film tersebut ditayangkan, dengan segala macam trik yang berbeda-beda, agar tetap menarik. Entah jadi happy ending atau unhappy ending, kurang tau jelas.

Bagaimana dengan sandiwara ? Kalau untuk menggambarkan cerita-cerita misalnya di layar televisi baik kisah nyata maupun yang khayalan atau fiksi, sekarang-sekarang ini sudah tidak memakai istilah sandiwara atau kalau dulu ada juga yang disebut dengan istilah fragment seperti masih jamannya TVRI, dulu, sebelum ada TV SWASTA, karena sekarang yang dipakai adalah istilah sinetron atau ada juga ftv atau juga sinema.
Tapi meskipun demikian istilah sandiwara sekarang-sekarang ini masih banyak digunakan untuk urusan yang lain yang nggak kalah populernya dibandingkan dengan dunia sineas perfileman, misalnya kalau sudah masuk ke ranah politik, akan menjadi sandiwara politik. Sandiwara politik ini efeknya bisa luar biasa besar dan meluas, yang bisa saja melibatkan banyak kelompok bahkan banyak negara di dunia internasional.
Iran yang terus menerus dicurigai oleh blok negara barat plus Israel sedang membuat senjata nuklir yang berbahaya dengan instalasi nuklirnya yang diklaimnya hanya untuk kepentingan damai, terus mencari-cari solusi melalui jalur diplomatik. Tapi hingga sekarang sepertinya urusannya belum kunjung selesai. Apakah ada tekanan atau semacam sandiwara politik yang terjadi di balik semua itu?
Salah satu negara di semenanjung Korea yaitu Korea Utara kurang lebih juga sama dengan Iran yang dicurigai terus menerus memproduksi senjata pemusnah masal ditambah konflik ketegangan dengan tetangganya yaitu Korea Selatan, hingga sekarang solusinya masih terus belum selesai, belum ada titik terang yang menggembirakan. Kenapa bisa begitu yah ? Apakah telah terjadi juga sandiwara politik di semenanjung utara Asia sana ?
Konflik Israel dengan Palestina yang berlarut-larut dari tahun ke tahun, dari pemimpin yang satu ke pemimpin berikutnya dari kedua belah pihak dan telah menelan korban jiwa yang tidak sedikit, hingga sekarang masih belum terlihat ada penyelesaian jalan keluarnya yaitu tujuan utamanya perdamaian antara ke dua belah pihak, bahkan diantara pemimpin-pemimpin mereka juga sudah ada yang meninggalkan dunia ini beserta urusan-urusan politik di negaranya, entah arwah mereka masih penasaran atau tidak. Padahal sudah sering diadakan perundingan, baik perundingan damai, gencatan senjata atau konferensi internasional. Apakah hal yang seperti ini menjadi salah satu jenis sandiwara,  yaitu sandiwara politik yang memanjang berlarut-larut ?
Lalu apa persamaannya antara film, sinetron dengan sandiwara, termasuk sandiwara politik ? Ketiganya jelas menjadi salah satu tontonan hiburan para pemirsa khususnya pencinta seni. Bagi pemirsa yang sudah jenuh dengan tontonan atau tayangan yang berlarut-larut tak kunjung usai, dan jalan ceritanya mudah ditebak bahkan kelihatan dibuat-buat, mengada-ada dan ada juga beberapa yang bilang tidak mendidik, apalagi ada tayangan yang lebih menarik dan menghibur, pasti akan meninggalkan tontonan yang jadi tidak menghibur tersebut. Tapi bagi bagi pirsawan yang senang dengan tema-tema film atau sandiwara yang lama selesainya dan berlarut-larut, jalan kisahnya mudah ditebak dan jelas dibuat-buat, tapi karena barangkali di tontonan tersebut ada pemeran yang misalnya cantik atau keren, barangkali ada saudaranya atau tetangganya yang mendukung film tersebut, pasti akan terus setia menyaksikannya, yang menjadikannya sebagai hiburan. Demikian juga dengan sandiwara politik yang melibatkan dua negara, kalau terus menerus tak kunjung selesai, apalagi ada tayangan atau kabar semakin rumitnya sandiwara politik yang lain yang melibatkan lebih banyak lagi negara dan sangat beresiko menimbulkan efek yang luar biasa besarnya yaitu Perang Dunia, penonton pun akan beralih ke tayangan yang lebih menarik.
Bagaimana dengan sandiwara politik yang terjadi di dalam negeri yang melibatkan beberapa organisasi atau kelompok yang tengah berebut sesuatu kepentingan ?
Kalau ingat judul lagu ciptaan gitaris group band God Bless Ian Antono yaitu Dunia Ini Panggung Sandiwara, maka pada bagai ref nya jelas masih ada pertanyaan “Mengapa Kita Bersandiwara?” Dan seandainya Ian Antono menciptakan versi baru lagu tersebut mungkin judulnya jadi “Dunia Ini Panggung sinetron”