AKIBAT MINUM KOPI INSTAN

Cuma experience,  kebetulan dari minum kopi,  bukan hasil riset yang njlimet,  bukan tips, apalagi promosi. Berawal dari rutinitas di kantor, yang biasanya pagi hari minum teh celup manis, tapi kali itu entah kenapa sebab, jadi rutin minum kopi sachet,  kopi instan, bukan kopi yang item yah atau black coffee, tapi yang cairannya warna coklat muda.  Barangkali efek minum kopi model begini terasa lebih “nendang”,  untuk sedikit solusi stres, dan lagi bikinnya nggak ribet seperti bikin teh celup manis atau kopi hitam, yang harus nge-mix kopi original sama gulanya lebih dulu, kalo campurannya nggak “presisi”kan jadi kurang nikmat. Ini sudah berlangsung beberapa bulan. Ada suatu peristiwa pernah saya mengalami sakit demam, diiringi kepala pusing, lesu, tapi nggak ada flu/pilek, persendian terasa ngilu. Biasanya gejala sakit model begini, ada orang menyebut dengan istilah panas dalam, ada yang bilang gejala typhus, radang tenggorokan, kecapaian, pagi hari badan terasa adem, menjelang siang terasa panas, sore hari makin panas, dan kalau berlarut-larut, nggak berobat,  bisa mengarah ke sakit lever.  Terus terang beberapa tahun terakhir, kalau sedang mengalami gejala sakit seperti ini, sudah jarang sekali ke dokter, kecuali sudah 2 hari nggak kunjung sembuh, bukannya anti sama dokter dan laboratoriumnya, tapi karena kerasnya obat-obatan yang harus ditenggak. Untuk efek satu

butir antibiotik aja (apapun mereknya biasanya dosis 500mg), sudah bikin teler nih badan, nggak tau memang kurang cocok atau bagaimana dengan obat antibiotik ini, apalagi nelannya harus 3 kali sehari ? dan di sachetnya ada tulisan harus “dihabiskan”. belum obat panas sama obat radangnya..wuih, stamina langsung terasa drop jauh, sudah mulut terasa pahit. Minum antibiotiknya sehari satu aja deh! nggak kuat. Pernah ada yang kasih saran alternatif lain, yaitu minum parutan kunyit, biasanya diselingi sama minum susu steril, lumayanlah, tapi efek samping sih kurang lebih masih sama dengan obat-obatan medis dari apotik, tapi minimal gak “anjlok” amat nih badan dan … murah.  Tapi kali ini entah kenapa bahan-bahan alternatif yang dicari tersebut nggak ada, mungkin lagi langka di pasaran bebas?, yah belum dapat tuh kunyit, terpaksa deh bertahan dulu, minum air putih lebih banyak dari biasanya,  sampai besok pagi sambil istirahat total, tapi minum kopi sachet masih jalan terus soalnya belum terasa ada efek buruknya waktu sakit (dan kayanya mulai kecanduan nih). Esok pagi setelah sarapan makanan yang aman, maksudnya hindari makanan yang banyak berminyak dan pedas dan (juga teh manis yang malah bisa membuat demam makin tinggi), namun saya masih sempat minum kopi,  rencana mau “terapi” berikutnya, tapi kok sudah mulai terasa agak enak nih badan ?, dan beberapa jam kemudian semakin enak, udah ringan, coba bertahan sampai siang..sampai sore, sepertinya sudah menuju ke arah sembuh nih.  Sebagai orang yang sudah beberapa kali mengalami sakit model begini, saya tau betul gejala menuju ke arah sembuhnya, jadi ya ok deh, untuk apa mencari terapi lain lagi, yang pentingkan sudah enak. Tapi nggak tau, apa ini pengaruh kopi instan tersebut atau yang lainnya, tapi yang pasti waktu sakit, cuma itu yang dilakukan, makan sayur yang aman sambil diselingi minum kopi instan plus istirahat total.  Penyakit model begini memang harus ekstra sabar menghadapinya untuk sembuh, jangan emosi.  Setelah kejadian tersebut saya jalani terus “terapi” tersebut yaitu minum kopi instan, tiap ada gejala sakit meriang, panas dalam, dan memang sakit atau nggak sakit tetap ngopi terus. Sampai sekarang.

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

4 Responses to AKIBAT MINUM KOPI INSTAN

  1. Jadi maksudnya, akibat minum kopi instan itu kecanduan?

  2. busril says:

    kenapa saya setiap kali minum nescafe,pinggang saya selalu sakit?

  3. Pingback: KOPI YANG ENAK BISA JADI NGGAK ENAK | Blog SD18

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: