SEDEKAH UNTUK PENGHUNI ALAM KUBUR

Sering jalan melewati pemakaman ? Sering jalan sendirian melewati pemakaman ? Gimana kesannya ?  ,,#..!*^nfg$..  apalagi lewatnya kalo lagi malam hari, hujan gerimis rintik-rintik, terus ada tercium wangi-wangian, mana abis nonton film horor lagi.. (yang seperti biasa ceritanya: “begitu noleh ke belakang ada sosok terbungkus kain putih lusuh, rambut panjang, dengan muka yang berdarah-darah, ancur, menyeringai” ..) Tapi relatif juga yah. Cuma mungkin kebanyakan punya kesan lain dari yang lain umpama kita sedang melewati area yang banyak ditumbuhi pohon kamboja dan minim penerangan tersebut yang resminya disebut TPU, meskipun lokasinya di pinggir jalan protokol yang ramai dibanding non-pemakaman, seperti cafe, panggung konser, food court atau kuliner, asrama putri, kawasan industri dll.
Dalam suatu pengajian rutin, saya pernah diberitahu suatu amalan ringan dari sebuah hadist Rasululloh SAW dalam bentuk ucapan yang nggak terlalu panjang, bahwa kalau kita sedang melewati sebuah pemakaman atau suatu kuburan sambil mengucapkan :

T A H L I L
“LAAILAAHAILLALLOOHU WAHDAHU LAASYARIIKALAHU LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU YUHYI WAYUMIITU WAHUA ‘ALA KULLI SYAIY’IN QODIIR

akan dinilai sebagai sedekah untuk semua ahli kubur di pemakaman atau kuburan yang sedang kita lewati tersebut. Sedekah tersebut sampainya bukan dalam bentuk uang, makanan, pakaian, karena “mereka” yang “sudah tiba”  di alam sana sudah nggak perlu lagi barang2 keduniawian tersebut, tapi berupa cahaya yang terang, yang jelas pasti sangat dibutuhkan dalam menjalani hari-hari penantian yang sangat panjang menuju datangnya hari qiyamat nanti.

Semoga bermanfaat

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: