MACET JADI PERJALANAN PANJANG

Duh!…sekarang kalau lagi terjebak macet dalam perjalanan di ibukota Jakarta ini. Jadi ingat waktu musim kampanye Pemilu Legislatif, yang 5 tahunan itu lho. Kalau ada Parpol besar sedang dapat giliran berkampanye, pasti macet panjang, total, nyaris lumpuh. Ada istilah “Metal” atau Merah Total, Ijo Royo-royo, Lautan Kuning dan lain-lain.  Situasi seperti itu kurang lebih sama dengan kemacetan yang nyaris terjadi setiap hari akhir-akhir ini, dan nggak perlu nunggu 5 tahun lagi, terutama jam berangkat pagi, jam istirahat siang dan jam pulang. Cuma bedanya kalau lagi ada Kampanye Pemilu kita bisa melihat banyak bendera, banyak atribut partai, banyak simpatisan partai yang teriak-teriak, tapi banyak yang senang dan semangat. Tapi kalau lagi berangkat atau pulang kerja terjebak macet total boro-boro senang-senang, yang ada menggerutu-gerutu, sungut-sungut  ,,%…)(xU@…zzz. Meski di beberapa wilayah atau ruas jalan tertentu, kalau jam kerja pagi, misalnya lagi liburan anak-anak sekolah, jalan raya jadi lebih lancar, lumayan bsa seminggu. Setelah anak-anak sekolah masuk ? Yes !! macet lagee..
Kalau dihitung-hitung, setiap hari lebih cape di jalan dibanding di tempat kerja. Makanya sebetulnya perhitungan jam kerja bukan 8 jam, tapi 13 jam, soalnya ditambah berapa jam kita selalu lelah terjebak macet di jalan menuju kantor. Dari rumah berangkat, energi full 100%, sampai di tempat kerja mungkin sudah menurun, tinggal 75%, lihat angka 5 dibilang huruf S. Di sisi lain kita mau bekerja dengan hasil  maksimal.
Dengan terus semakin berkembangnya “kesibukan” di Jakarta yang sulit ditahan, mungkin ibukota negara Indonesia dan “semua perangkat pendukungnya” juga sudah nggak cocok lagi di Jakarta, campur-baur sama urusan bisnis. Dan event olahraga resmi yang berpotensi mengundang ribuan masa sebaiknya juga jangan diadakan di Jakarta lagi (GELORA Bung Karno Senayan), seperti DIVISI UTAMA, LIGA PRIMER INDONESIA, LIGA INDONESIA, ASIAN GAMES,  OLYMPIADE dll, masalahnya nggak ada eventpun sudah rutin macet, apalagi ada..yah lumpuh deh.
Ada pengalaman +/- 5 tahun yang lalu, sekitar tahun 2005, waktu dalam perjalanan di tol dalam kota, kendaraan yang menuju arah Jakarta sempat terhenti menjelang simpangan Halim. “Ada apa nih”, setelah menunggu “sabar” sekitar 15 menit, antrian kendaraan kembali bergerak. Sambil melihat ke arah kiri, ada apa yah? .. Oh ternyata ada rombongan pejabat yang lewat. Itu terjadi lima tahun lalu.   Jadi ada pejabat yang sedang dalam perjalanan menuju tempat kerja, tapi dari arah lain ada antrian sangat panjang menunggu giliran ke tempat kerja ke lokasi pusat bisnis dan antrinya memakan waktu 15 menit.
Semua orang maunya sih jalanan lancar-lancar aja, mulus-mulus aja, tapi ada-ada aja yah yang bikin macet jalanan, hujan sebentar bisa macet, apalagi lebat, ada kecelakaan di tol padahal yang kecelakaan sudah di sisi jalan, macet, semua jadi pengen ngeliat, termasuk yang di luar jalur tol. Ada galian infrastruktur di pinggir jalan, jadi macet, itu bukan galian infrastruktur, tapi proyek peningkatan mutu jalan..ya macet juga. Nggak ada proyek jalan, adanya tawuran antar warga, jalur ditutup sementara..putar balik! Nggak ada tawuran antar warga, adanya cuma demo, lebih tertib..macet juga. Belum kalau lampu lalinnya sedang eror, warnanya jadi kuning semua dan di perempatan yang ramai … Ayo kita lewat jalur alternatif aja yuk! jalan kampung, ada yang nyebut jalan tikus .. eit ..tapi hati-hati bang! banyak polisi tidur nggak bangun-bangun, kecuali dibobok, ada yang bilang tanggulan. Perjalanan nggak nyampe 2 km, bisa ada belasan tuh gundukan adukan yang kadang-kadang ada yang seperti batang pohon kelapa ditaruh terbaring di tengah jalan tersebut, demi mengurangi kecepatan dan juga untuk menghindari anak-anak kecil yang menabrak kendaraan, tapi kena pinggang lumayan “nonjok”.
Ada lagi nih yang nggak macet..lewat jalan semut..resiko gatel2…

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: