CARA MENGURANGI KECANDUAN MINUM KOPI

 

 

 

 

Efek samping minum kopi, jenis minuman yang sudah rutin dikonsumsi bertahun-tahun, mulai sekitar awal tahun baru 2008,  jadi tau, bisa menguasai dan mengendalikan seluruh saraf-saraf di tubuh manusia bahkan lebih kuat dibanding minuman lain, teh manis misalnya atau susu dll. Bahkan boleh jadi dari semua jenis minuman kopi yang ada, maksudnya merk kopi, antara kopi hitam dan kopi instan, ada yang lebih kuat pengaruhnya. Mungkin PENGARUH ZAT KAFEIN atau bahan tertentu lain yang dikandungnya. Terbukti sejak meminum minuman yang beraroma khas menyengat tersebut, rutinitas sebelumnya yaitu minum teh manis tiap pagi jadi berkurang cukup signifikan. Akhir-akhir ini rutinitas ngopi malah cenderung meningkat, bisa tiga cangkir per hari. Memang tiga cangkir nggak seberapa sih, soalnya ada orang yang dalam sehari bisa 8 kali bahkan ada yang lebih. Ada juga yang sekali bikin kopi sekaligus dua sachet.

Tapi yang namanya mengkonsumsi atau mengerjakan sesuatu, termasuk makan dan minum, yang awalnya iseng-iseng terus jadi rutinitas, terus dari hari ke hari semakin meningkat instensitasnya, maka akhirnya jadi berlebih-lebihan, over dosis. Resiko ? …

Ada istilah lain yaitu kecanduan atau keranjingan, biasanya identik dengan hal-hal yang ke arah negatif, seperti pecandu narkoba, pecandu alkohol dll. Demikian juga kecanduan minum kopi, bisa jadi ke arah yang negatif.
Intensitas minum kopi yang proporsional aja, dan segera dikurangi. Tapi yang sudah terlanjur gimana caranya nih?, minimal mengurangi minum kopi barang sehari (sehari udah bagus banget).

TARGET PERTAMA : “Kalau bisa jangan sampai terjadi NO DAY WITHOUT COFFEE nih”

Alkisah pada suatu hari, setelah break makan siang, di sebelah gedung kantor ada seorang penjual minuman bajigur sedang mangkal, dan memang sering mangkal di situ. Penjual bajigur yang sayangnya sudah agak sulit ditemukan ini biasanya juga menjual ubi rebus, kacang rebus dll. Pokoknya makanan yang direbus semua, tanpa minyak goreng. “Oke saya beli !, kayanya enak nih, habis makan siang minum bajigur hangat” (malahan panas), soalnya minuman bajigur ini selalu dalam kondisi dipanaskan terus dengan kompor yang dibawa tukangnya tersebut dalam gerobaknya. Lumayan, karena untuk menunggu bajigurnya jadi hangat, cukup lama (ini bajigur memang benar-benar panas), jadi lupa minum kopi sampai sore, tadi siang rencana memang mau ngopi lagi nih.
Yah, itu salah satu kiat untuk mengurangi minum kopi, harus ada alternatif minuman TANDINGAN.
Barangkali prinsip TANDINGAN tadi bisa dipergunakan juga untuk mengurangi kecanduan-kecanduan atau keranjingan-keranjingan yang lain, bukan hanya urusan minuman dan makanan saja. Karena yang namanya sudah kecanduan, kita akui sulit untuk menghentikannya, termasuk kecanduan minum kopi.
Minuman bajigur itu rasanya kurang lebih seperti kuah kolak atau kuah bubur kacang ijo atau seperti kuah es dawet ayu. Bahan-bahan utamanya memakai gula merah dan santan, tapi bahan lainnya saya kurang tau pasti.

Ada cara-cara lain untuk mengurangi minum kopi, antara lain :

OLAHRAGA :  Setelah kita berolahraga, sampai keluar keringat, semua orang pasti merasa haus, maka rasa haus inilah yang   akan mengalihkan perhatian kita dari minum kopi ke minuman lain, seperti teh manis dingin, es kelapa dan minuman dingin lainnya.
Saya jamin, minum kopi setelah capek berolahraga tidak akan terasa nikmat.

PUASA :  Dengan berpuasa, kita harus menahan makan minum sampai sore waktu berbuka. Nah saat berbuka itulah kita akan terhindar dari minum kopi, bahkan bisa sampai esok paginya.
Saya jamin, waktu berbuka puasa, minum kopi tidak bakalan nikmat.

Cuma sayang, dua aktifitas tersebut sangat menantang, walau terkesan mudah tapi nyatanya sangat sulit dijalankan, terutama mulainya apalagi sampai rutin. Karena perlu tekad yang sangat kuat untuk memulainya. Sekali lagi semua tergantung tekad dan niat kuat itu tadi. Demikian beberapa pengalaman dan tips dari saya untuk mengurangi minum kopi, dan mudah-mudahan juga menjadi langkah awal bagi yang memang ingin berhenti secara total minum kopi.

KAFEIN OBAT UNTUK PUSING ?

OLAHRAGA BIAR SEHAT

CONTOH KECIL KEBAHAGIAAN

FAKTA MINUM KOPI :
Minum kopi bagi sebagian orang sudah menjadi “sahabat” yang  setia.
Sebagian orang, minum kopi bisa untuk menutupi rasa lapar sementara, semoga jangan terus-terusan.
Sebagian orang minum kopi untuk mengurangi stres ketika sedang memulai atau sibuk bekerja.
Sebagian orang minum kopi bersama tamunya agar suasana jadi lebih rileks dan cair.
Ada orang yang berkumur-kumur air putih+satu sendok makan kopi hitam untuk menghilangkan aroma yang khas sesudah makan petai.
Sebagian orang minum kopi langsung ditenggak abis, sebagian orang minum kopi sedikit-sedikit.
Di kantor-kantor, bos yang murah hati selalu menyediakan paket kopi harian untuk karyawannya.
Dari info beberapa orang saya dapat, ada salah satu kopi dalam bentuk sachet yang bisa membuat badan jadi kurus, mungkin jadi terapi diet yang nggak disengaja.

Untuk kaum muslimin yang mau Jum’atan, yang setiap jam 11:00 siang mulai terasa ngantuk, apalagi sudah di dalam mesjid, ini sebuah tips sederhana, kira-kira jam 10:00 silahkan minum kopi, untuk mencegah ngantuk waktu sedang khutbah Jum’at.

TETAPI..UNTUK YANG BELUM PERNAH SEKALIPUN MINUM KOPI.  REKOMENDASI : DON’T EVER !.  Soalnya resiko kecanduannya lebih besar.
Apapun bentuknya, sampai sekarang, di balik kontroversinya, kopi bisa jadi minuman yang penting.

HOMEPAGE

Advertisements

4 thoughts on “CARA MENGURANGI KECANDUAN MINUM KOPI

  1. mellysukses

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://lowonganterbaik2011.blogspot.com/

    Reply
  2. Pingback: ANEKA WARNA-WARNI MINUMAN « Blog SD18

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s