REM, KOPELING, PLANET BUMI DAN GEAR

green earth red earth

Dengan rem dan kopeling, kendaraan bisa dikendalikan laju kecepatannya sesuai situasi dan kondisi jalanan. Ketika sebuah angkot menyalip, tapi nggak lama tiba-tiba berhenti mendadak persis di depan kita, karena ada penumpang yang nyetop. Ketika seorang perempuan, ibu-ibu atau wanita yang lebih muda, naik motor di depan kita, tiba-tiba motong ke kiri tanpa tanda lampu sen nyala, atau waktu ada seekor kucing mendadak nyeberang, karena reflek atau mungkin karena takut kalau “mengalami sesuatu” setelah menabrak kucing, nggak sempat pakai kopeling lagi, tarik rem kuat-kuat sampai bunyi, cieettt … bannya sampai ngesot. Ada juga yang nggak mau ngerem, langsung tabrak dan lindas aja tuh kucing hingga sekarat, daripada kita yang jadi celaka.
Dari jarak jauh telihat ada keramaian orang, oh itu pasar, langsung turunkan kecepatan dengan kombinasi rem-kopeling akhirnya rem, running slow, terhindar dari resiko nyenggol tukang sayur, tukang buah, tukang ojeg, Polantas dll.
Wah lupa! mau beli kue lapis legit, oleh-oleh untuk orang di rumah, di ruko yang tadi, tapi sudah kelewat .. TURN AROUND !! .. putar balik!!, banting setir.
Mampir dulu ah, ke sini, ke tempat itu, hiburan di sini, kuliner yang di sana …dll, WELCOME !..
Seandainya planet bumi bisa dikendalikan kecepatan rotasinya seperti kendaraan dengan rem dan kopelingnya, mungkin sehari bisa terasa jadi sebulan, sebulan jadi terasa setahun. Yang gelisah dengan hawa panas karena dipengaruhi cuaca ekstrim, global warming effect, bisa memilih pagi lebih lama. Yang selalu takut dengan suasana kegelapan malam, karena keseringan nonton film horor, bisa memilih malam yang lebih singkat. Yang ingin awet muda tanpa terapi yang aneh-aneh dan mahal. Untuk kamu-kamu, kalian-kalian yang ingin terus berlama-lama menikmati masa-masa yang indah. Bagi yang sedang berada “di atas” dan ingin terus lama-lama ada “di atas” tanpa harus mengeluarkan dana yang mahal, lupa suatu saat akan kembali “di bawah” dan menjadi “biasa lagi”. Untuk yang lagi ngetop dan ingin terus ngetop dipuja-puji oleh penggemar, dll.
Ada saat2 mudah, ada kalanya susah, kadang sedih, tempo-tempo gembira, barusan marah, sekarang reda, kemarin malu, hari ini jadi berani atau mungkin malah malu-maluin, dan lain-lain yang sedang begini dan yang lagi begitu. Tapi sayangnya, planet bumi yang “patuh” harus terus bergerak berputar, berrotasi, tanpa ada seorang manusiapun yang mampu mengendalikannya, nggak peduli sama yang sedang susah, sama yang mau terus “di atas”, sama yang sedang kepanasan, sama yang sedang ketakutan, sama yang pengen awet muda, terus berputar mengabaikan semuanya. Apapun dan siapapun yang lambat “bergerak”, maka yang pagi hari sedang bergerak “begini”, sampai siang hari masih “begini-begini” juga, yang siang hari bergerak “begitu”, sore harinya masih “begitu-begitu” juga. Apapun dan siapapun yang cepat “bergerak”,  yang sore hari sedang  bergerak “begini”, maka malam harinya sudah bergerak ke arah “begitu”. yang malam hari sedang bergerak begitu, maka pagi dini harinya sudah bergerak ke arah “begini”.
Seperti sebuah GEAR di dalam blok bawah mesin kendaraan yang dalam perjalanan tanpa henti menuju suatu tempat. Gear, meski terbuat dari bahan baja yang keras dan dilumasi oli yang tahan panas, tapi kalau terus-terusan berputar dan bergesekan dengan gear yang lain, suatu saat akan aus juga, rontok juga, tetapi kapan ?. Mekanik manapun tidak ada yang tau pasti. Maka si pengendara sambil “memanfaatkan” betul kendaraannya, juga harus membawa “bekal yang banyak”, karena tidak tau pasti kapan dan di mana sedang berada ketika gear mesin tiba-tiba rontok lalu kendaraan mogok. Nggak tau di tempat ramai atau di tempat sepi yang rawan perampok,. Kalau nggak punya persiapan ?
Dan planet bumi ? .. Nobody know..when ?

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: