AKAL, AKAL-AKALAN, NGAKALIN

Manusia diberikan secara gratis oleh Yang Maha Kuasa keistimewaan yang tidak dimiliki mahluk lain yaitu berupa akal. Dengan akal tersebut bisa dipergunakan oleh kita untuk membuktikan kebesaran ciptaanNya.  Kemudian dengan bukti tersebut, manusia semakin mantap memuji dan bersyukur atas kebesaranNya dan karuniaNya.
Tentang akal,  jadi ingat ada kata-kata:  “berakal”, “diakalin”, “ngakalin”, “akal-akalan” dll.
Beberapa waktu yang lalu iseng-iseng sempat mengunjungi sebuah blog atau mungkin website,  saya kurang tahu karena ketemunya lewat Google Search dan browsingnya pakai HP.  Yang saya search tentang Google Panda.  Setelah usai membaca sebuah artikel di website tersebut dan lumayan informatif, cukup bisa dimengerti dan bagus. Terlihat ada banyak artikel lain di sana, dengan judul-judul yang menarik semua.  Saya klik satu judul lagi, ternyata isinya sama persis dengan artikel yang pertama dibaca tadi. Lalu kembali ke halaman awal,  saya pilih satu judul lain, dan “klik” dan …nah lho ? ternyata sama persis juga dengan yang dibaca pertama tadi.  “Ini sang penulis nggak salah posting atau sengaja atau gimana ?. Sudah klik tiga judul artikel, semua isinya sama.  Setelah judul yang terakhir diklik isinya sama juga,  jelas nggak niat lagi untuk klik yang lain,  “berresiko” waste of time.  Mungkin si penulis belum sempat bikin artikel baru, tapi kenapa judulnya sudah ada banyak?.  Saya nggak comment, karena susah ngetiknya alias repot, dan..ya udah deh, quit aja.  Trims atas info dari artikelnya yang pertama tadi.
Satu kasus lagi, agak mirip.  Tapi saya juga lupa apa isi artikelnya waktu itu. Kejadiannya begini, website tersebut menerangkan sesuatu, hingga di akhir tulisan ada kalimat “untuk info lebih tentang … silahkan klik”, saya klik, yang muncul… alinea pertama dari awal artikel tersebut, ada satu link lain, saya klik lagi, balik lagi ke alinea pertama tadi, he he .. ini jadi muter-muter di situ-situ terus, di halaman itu-itu juga.  Orang-orang tersebut bikin website, terburu-buru atau memang begitu caranya ?. Atau … karena browsingnya pake HP?  Tapi browsing yang lain nggak tuh,  lancar-lancar aja.
Saya kurang tau banyak sampai mendalam tentang internet marketing dan trik-triknya. Tapi sepertinya, di dunia internet marketing, yang namanya “Klik” atau “Click” atau hits, sangat berharga sekali.  Perhitungan “click” ada nilainya, terutama uang. Dari dua kasus yang saya alami di atas, di blog yang pertama saya sempat 3x klik, walaupun yang saya “dapat” cuma 1, kemudian hari itu juga misal ada 100 orang lain lagi yang misalnya mengalami kejadian seperti di atas tadi, berarti blog tersebut sudah diklik 300 kali untuk 1 artikel yang sama. Dan .. pencatat trafic, bisa dibilang “nggak peduli” dengan isi artikel, yang dia peduli cuma klik klik klik.  Mau judul artikel bagus tapi begitu diKlik isinya cuma koma titik tanda seru atau tanda kurung doang, nggak jadi ukuran, kalau sudah diklik 300x itu yang jadi ukuran.  Sehubungan dengan adanya Google Panda, yang kabarnya akan membanned semua website yang nggak sesuai dengan “etika” dan akan mengutamakan situs yang sesuai dengan “keinginan” mereka, punya artikel asli, bukan kopian, bersyukur sekali, mudah-mudahan. Dan dengan dua kejadian tersebut, kalau memang orang-orang itu nggak sengaja, atau belum sempat update, atau memang situsnya bermasalah dan sedang dalam proses banned dari Google Panda, sehingga kelihatan eror menjengkelkan, ya nggak masalah. Tapi kalau orang-orang yang BERAKAL tersebut memang sengaja membuat sistem begitu,  kesannya jadi mengelabui, AKAL-AKALAN, untuk NGAKALIN orang lain.
Ada beberapa contoh kejadian lain, seperti di email, sering menerima “salam hangat” dari seorang wanita Afrika, yang sedang mengalami musibah akibat perang, ujung-ujungnya, minta isi no. rekening bank atas nama temannya sendiri. Maksudnya apa?. Nggak jelas. Mungkin ini AKAL-AKALAN juga.(after all, this is the internet)

Possitive thinking aja deh.  Dan kenyatannya Internet telah menjadi sebuah revolusi yang mengiringi perjalanan kehidupan umat manusia moderen di bumi ini.

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: