BELADIRI DAN PEMBENARAN

Ada bermacam-macam cabang ilmu beladiri, tapi tujuan utamanya tetap untuk mempertahankan diri atau bertahan dari ancaman musuh atau serangan lawan yang mengancam, baik itu serangan yang bisa diprediksi maupun serangan yang tak terduga sama sekali, baik bahaya yang datangnya dari dalam maupun ancaman yang munculnya dari luar.  Cabang ilmu beladiri biasanya kegiatan yang menggunakan fisik. Sebagian orang ada juga yang mempelajari ilmu bela diri untuk tujuan berolah-raga, senam body language  atau untuk terapi kesehatan.  Tapi ada juga orang-orang tertentu yang mempelajari ilmu beladiri justru bertujuan menyerang, untuk gagah-gagahan.  Cabang beladiri tersebut contohnya karate, yudo, akido, kempo, pencak silat. Ada juga beladiri yang memakai fisik juga tapi agak berbeda penerapannya. Ini biasanya diperkenalkan oleh orang-orang yang lebih spesialis lagi, biasanya mereka menamakan tenaga energi tertentu, kombinasi pernafasan dan gerakan fisik.  Ini yang mengerti hanya orang-orang yang sudah terjun langsung, dan berlatih.  Namun apapun jenisnya, beladiri-beladiri tersebut perlu latihan yang tekun terus menerus.
kungfuAda satu lagi cabang beladiri, namanya BELADIRI PEMBENARAN. Cabang BELADIRI PEMBENARAN ini sangat berbeda dengan cabang beladiri yang konvensional seperti yang telah disebutkan di atas. Beladiri PEMBENARAN ini terbagi menjadi dua, ada yang menggunakan fisik tapi ada juga yang tidak perlu menggunakan fisik.
Contoh 1 : BELADIRI PEMBENARAN yang menggunakan fisik : Beberapa tahun yang lalu, barangkali ada yang pernah mendengar istilah “PRE-EMPTIVE STRIKE”, artinya “MENYERANG LEBIH DULUAN SEBELUM DISERANG”. Istilah ini sempat dipopulerkan secara sepihak oleh mantan Presiden Amerika Serikat, George W. Bush dkk, setelah terjadi serangan kamikaze terhadap gedung World Trade Centre di New York tahun 2001 dan kemudian dijadikan slogan untuk kampanye memerangi kelompok-kelompok yang dianggap teroris di seluruh dunia, terutama di Afganistan.  Banyak negara-negara di seluruh dunia yang cinta damai dan anti peperangan, termasuk Indonesia, memprotes keras “PRE-EMPTIVE STRIKE” tersebut, karena bagi Amerika Serikat dijadikan “alasan” atau legalitas untuk menyerang langsung negara-negara yang dicurigainya melindungi teroris tersebut secara brutal. Bahkan Amerika Serikat pun sempat mempopulerkan pernyataan : “ARE YOU WITH US OR TERORIST ?”, Seolah-olah semua negara cuma diberi dua pilihan, “Perang bersama di pihak kami (AS) atau bersama teroris ?”. Maklumlah negara adidaya.
Contoh 2: BELADIRI PEMBENARAN tanpa menggunakan fisik : Misalnya seseorang yang melakukan kejahatan dan sangat merugikan jutaan orang banyak, seperti korupsi dan manipulasi dan orang tersebut dalam hati kecil dan hati besarnya sudah menyadari bahwa dia memang bersalah, tetapi karena mungkin ada perasaan gengsi atau tidak sudi dipermalukan di depan jutaan orang banyak, atau bahkan pada dasarnya mereka memang muka tembok, tebal muka, maka orang tersebut, yang memang biasanya orang-orang pintar tapi…, segera berkelit, ngeles, dia mempergunakan jurus  “BELADIRI PEMBENARAN”, berargumen dengan berbagai macam cara, berbelit-belit dan tanpa malu-malu lagi, agar tidak dihukum berat, atau malah maunya bebas dari jeratan hukum. Akhirnya orang itupun berbohong, banyak orang dibohongi, padahal orang banyak yang dibohonginya juga menyadari sedang dibohongi (???).  Pendusta berat tersebut terus berusaha membuat opini kepada masyarakat bahwa dia ada di posisi yang benar. Nah perbuatan orang tersebut bisa dikategorikan “BELADIRI PEMBENARAN”.  “BELADIRI PEMBENARAN” seperti contoh 1 dan 2, mungkin nggak perlu melakukan latihan yang tekun dan terus menerus, yang diperlukan hanya … ya nggak punya rasa malu dan muka tembok tadi atau tebal muka. Dan biasanya “BELADIRI PEMBENARAN” dengan menggunakan fisik atau tidak menggunakan fisik ini dilakukan oleh yang lebih kuat untuk mengelabui yang lemah.
Terlepas dari contoh 1 dan 2 di atas tadi, ada juga “BELADIRI PEMBENARAN” yang menggunakan fisik dan tanpa menggunakan fisik dari orang-orang yang baik untuk kepentingan yang baik-baik.

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: