NEGARA ADIDAYA…KAPAN YAH GILIRANNYA

Bangsa Romawi dan Persia sudah pernah jadi adidaya. Dua kubu kerajaan ini sempat mendominasi di era, di mana dunia masih banyak nabi-nabi dan rosul-rosul.
Bangsa Mongol dengan Jenghis Khan sampai cucunya Hulagu Khan juga pernah menjadi adidaya, sampai kerajaan China Tiongkok di jaman Dinasti, harus membangun tembok yang besar sepanjang ribuan kilometer, untuk menahan serbuan pasukan yang oleh
beberapa bangsa disebut bangsa perusak/barbar tersebut.
Turki Usmani yang lebih merupakan adidaya ilmu pengetahuan dan kebudayaan juga sudah pernah.
Adidaya bangsa-bangsa Eropa dengan revolusi industrinya, hingga akhirnya menjajah hampir seluruh bangsa di dunia termasuk Amerika dan Indonesia,  juga sudah.
Dengan peralatan militer yang canggih seperti tank, rudal atau pesawat tempur Amerika Serikat dengan Rusia sempat menjadi adidaya kembar setelah Perang Dunia ke 2 sampai tahun 90-an. Tapi akhirnya setelah Rusia yang waktu itu masih bernama Uni Soviet gelar adidayanya copot sendiri, karena tercerai berai, tinggallah Paman Sam Amerika Serikat melenggang sendirian. Meskipun sekarang Amerika Serikat sudah terlihat “agak menurun” dan kelihatannya bakal ada suksesor lain sebagai adidaya, yaitu Negeri Tirai Bambu China, tapi secara OVERALL, Amerika Serikat masih berada di singgasananya. Masing-masing dari bangsa-bangsa tersebut di atas, model adidayanya punya ciri tersendiri. Ada yang bernuansa ilmu pengetahuan, ada yang bernuansa kekerasan, ada yang bernuansa teknologi, budaya, dll.
Apa sih yang menjadi syarat utama untuk menjadi adidaya ?.
Politik dan Ekonomi yang kuat dan stabil?
Militer yang besar dengan didukung peralatan yang canggih ?.
Kebudayaannya juga bisakah jadi ukuran sebagai adidaya ?. Dan dominasi bidang olahraganya ?
Kalau untuk ukuran ekonomi, militer dan olahraga, Amerika Serikat dan bakal suksesornya, China jangan ditanya. Sampai saat ini ke dua negara tersebut adalah yang terbesar di dunia. Terus untuk kebudayaannya?.  Kalau China, seperti kungfu, shaolin, aneka ragam pengobatan untuk kesehatan atau Imleknya yang sudah mendunia termasuk Indonesia.  Kalau kebudayaan Amerika Serikat apa yah contohnya?. Budaya tradisional Amerika Serikat, terus terang saya kurang tau banyak, soalnya mereka kan kumpulan orang-orang dari negeri seberang, dari Eropa yang merantau dan akhirnya menetap. Tapi yang jelas, di dunia internasional termasuk  Indonesia, terlepas dari mana asal-muasalnya, Amerika sukses  “mempopulerkan” antara lain musik-musik seperti musik country, blues,  rock n’ roll sampai varian-variannya yang macam-macam. Hal-hal semacam itu semua bolehlah disebut budaya juga. Adalagi budaya dari Amerika yaitu fashion, gaya hidup, semangat kerja keras, teknologi tinggi, sampai yang  namanya dunia maya, “dunia alternatif” selain dunia nyata, yaitu internet, semua itu sudah benar-benar sudah merasuki ratusan juta orang  di seluruh dunia, termasuk China sendiri.
Bisa nggak yah kita menjadi bangsa adidaya juga ?
Di bidang politik dan ekonomi, kita bisa menjadi yang terkuat, dengan dukungan kekayaan alam yang melimpah, dan jumlah manusia yang banyak (no. 4 di dunia), yang penting lebih serius aja mengelolanya.
Di bidang militer, kita bisa menjadi yang terkuat, terutama di laut, yang penting asal lebih serius lagi membangunnya.
Di bidang kebudayaan ? Wow..apalagi, kita juga kaya. Dari yang tradisional, etnik-etnik hingga yang modern hasil serapan dari luar negeri juga banyak, yang penting lebih serius lagi mempopulerkannya dan bangga dengan budaya sendiri. Dalam banyak hal lain, kita juga punya kelebihan-kelebihan dari bangsa lain.
Mungkinkah nanti setelah adidaya China sudah menurun, entah berapa puluh tahun lagi, giliran kita yang naik jadi adidaya baru ?. Tapi kalau syarat-syarat utama tadi nggak bisa terpenuhi, model adidaya seperti apa yah yg kita punya ?.

Artikel Motivasi Lainnya :

olahraga menyehatkan1fenomena Indonesia1libur sabtu1negara adi daya1modal sukses1

 

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: