UJIAN SANGAT SEDERHANA

Fiuhhh..panasnya cuaca akhir-akhir ini.., meskipun nggak sepanas bulan-bulan lalu. Tapi di saat sedang berpuasa begini, lumayan juga. Padahal beberapa hari sebelum masuk bulan Ramadhan, sering turun hujan, nggak setiap hari sih, tapi deras, tapi begitu masuk bulan puasa, “sang hujan” entah ke mana?. Dan kondisi seperti itu sudah terjadi beberapa tahun terakhir. Entah karena kebetulan saja atau karena jatuhnya 1 Ramadhan makin menjauh dari bulan Desember tahun Masehi. Tapi ini khusus di negeri tropis seperti Indonesia, untuk di negara-negara barat sana, Eropa dan Amerika mungkin situasinya berbeda.

Inikah salah satu bentuk ujian kesabaran bagi manusia?.

Dalam kondisi cuaca panas terik orang-orang menjalankan ibadah puasa, kesabaran mentalpun diuji. Dan ketika telah sampai waktunya berbuka, karena orang tersebut sabar dan ikhlas menghadapi ujian dan cobaan, dari pagi hingga sore hari menahan lapar dan haus di tengah kondisi cuaca yang panas tersebut, Allah swt membalasnya dengan memberikan kenikmatan yang luar biasa, yaitu saat berbuka puasa. Ukuran nikmatnya ? Ketika berbuka puasa nanti sore, akan sangat terasa nikmatnya, terutama untuk melepas dahaga, haus yang luar biasa jadi hilang seketika. Ada yang minum es kelapa muda, ada yang minum teh manis dingin, ada yang minum es sirup, timun suri dll, semua itu sangat terasa nikmatnya, walaupun belum makan. Sepertinya begitu berbuka puasa, minuman dingin jadi nomer 1. Maka setelah minum, perut terasa sudah kenyang. Ada sebagian orang yang bilang, “Puasa itu yang lebih terasa hausnya”. Tapi itu semua bisa dirasakan dan dibuktikan oleh yang menjalankan puasa tentunya. Bandingkan dengan orang yang tidak berpuasa. Atau setidaknya bagi yang buka puasa di tengah hari karena tidak kuat dibanding buka puasa sesuai waktu yang diatur dan diridhoi, jelas berbeda jauh. Buka puasa di tengah hari, begitu batal, yang ada hanya penyesalan dan malu, rasa nikmatnya ?. bahkan nyaris tidak ada, sementara puasa sudah batal. Mungkin ini hanya sebuah contoh kecil dan sangat sederhana untuk membuktikan tentang balasan kenikmatan atas ujian kesabaran hidup manusia. Dan apakah itu juga salah satu cara bahwa, Allah swt ingin memberikan bukti kenikmatan bagi manusia ? Atau inikah yang disebut hikmah dibalik semuanya ?.

Mendapatkan kenikmatan sepertinya sangat mahal. Tapi bisa menjadi sangat murah, dengan hanya taat menjalankan perintahNya.
Siapa yang tidak merasakan kenikmatan ketika berbuka puasa ?. Rasanya tidak ada. Dan ini juga menjadi bukti, apa yang Allah swt perintahkan kepada makhlukNya, tidak ada yang negatif atau buruk. Semua yang diperintahkanNya, baik bagi manusia, untuk kebaikan manusia sendiri.
Pernah mendengar berita, bahwa ada orang yang sakit berat atau bahkan meninggal akibat menjalankan puasa ?. Bahkan semua rumah sakitpun, meminta pasien untuk berpuasa beberapa jam, sebelum mungkin dioperasi atau di ambil darahnya.

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

One Response to UJIAN SANGAT SEDERHANA

  1. Pingback: KECANDUAN MINUM KOPI ? .. KURANGI ! « Blog SD18

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: