IMAGE TERBENTUK

Image itu menurut pemahaman yang sangat  sederhana adalah gambaran atau kesan kuat yang dimiliki sesuatu. Misalnya kalau kita mendengar cerita kota Bandung, maka yang kemudian bisa kita bayangkan adalah sebuah kota atau daerah yang banyak produk kulinernya. garmen atau banyak artis-artisnya. Daerah Karawang yang akhir-akhir ini banyak tumbuh industri, di masa lalu imagenya sangat kuat sebagai lumbung beras.
Dalam tulisan ini dibahas image yang berhubungan juga dengan sebuah negara atau negeri.
Negara Indonesia yang sangat terkenal keramah-tamahan penduduknya. Dengan keragaman budayanya, tari-tariannya. Banyak tari-tarian dari berbagai daerah khusus untuk menyambut tamu-tamu, misalnya tamu dari luar negeri. Tapi mulai kapan Indonesia membentuk image yang kuat sebagai negeri yang penuh keramah-tamahan ?.
Amerika Serikat yang merdeka pada tahun 1776, berarti sudah 235 tahun lebih sampai sekarang. Siapapun yang pasti sudah merasakan dampak globalisasi “budaya” dan gaya hidup dari negeri Paman Sam tersebut. Tapi mulai kapan Amerika Serikat membangun image yang sangat kuat sebagai adidaya di banyak bidang sampai merasuk hampir seluruh dunia ?.
Negeri Tirai Bambu China, memperkenalkan cara-cara pengobatan dan terapi yang khas dan sudah sangat terkenal ke seluruh dunia. Mungkin sudah ratusan bahkan ribuan tahun dan tradisi turun-temurun, mereka percaya diri dengan kemampuannya dalam memanfaatkan alam sebagai terapi untuk kesehatan dan penyakit. Tapi mulai kapan China membentuk image yang sangat kuat sebagai negeri 1001 pengobatan dan terapi ?.
Negara monarki Inggris yang “sukses” memperkenalkan bahasa yang akhirnya “mewajibkan” seluruh negara di dunia untuk mempelajarinya dan sudah menjadi bahasa paling penting di seluruh dunia. Tapi mulai kapan Inggris membentuk image yang kuat agar bahasanya dipakai di seluruh dunia ?.
Negeri “Uber Alles” Jerman yang terkenal dengan keuletan orang-orangnya hingga menghasilkan produk-produk teknologi berkualitas tinggi. Sebelum tahun 1900 sudah berhasil membuat peralatan-peralatan modern. Tapi sejak kapan Jerman mulai membangun image yang kuat sebagai negeri yang berisi orang-orang ulet ? Setidaknya ada istilah “kerja keras ala Jerman”.
Negara Amerika Latin Brasil sukses “mengajari” hampir seluruh negara dunia bagaimana cara bermain sepakbola yang indah. Hingga sempat ada sebuah negara di Eropa karena bisa bermain sepakbola indah akhirnya mendapat julukan “Brasilnya Eropa”. Tapi mulai kapan Brasil dengan julukan “Tim Sambanya”, membangun image yang kuat sebagai negara sepakbola ?.
Negara-negara di wilayah Timur Tengah yang bisa dibilang wilayah yang berdiri di atas minyak adalah daerah penghasil bahan bakar terbesar di dunia. Cadangannya yang luar biasa besar. Tapi mulai kapan negara-negara di wilayah Timur Tengah membangun image yang kuat sebagai negeri-negeri kaya minyak ?. Meski akhir-akhir ini sudah muncul image baru di wilayah tersebut, yaitu  wilayah yang sering ribut-ribut.  
Benua Afrika sangat terkenal dengan alam liarnya yang berisi satwa-satwa bermacam-macam jenis, dari yang lembut hingga yang ganas ada di sana. Tapi sejak kapan benua Afrika membangun image yang kuat sebagai benua satwa ?. Meski beberapa tahun terakhir ini benua Afrika sudah terbentuk juga image baru yaitu sebagai benua yang penuh dengan arena perang saudara, perang etnik dan kemiskinan yang diakibatkan oleh perang saudara tersebut.
Meskipun beberapa negara lain sudah menyaingi, tapi setidaknya contoh negara-negara yang disebutkan di atas masih menjadi ukuran sampai sekarang.  Yang bisa ditarik kesimpulan adalah, untuk membentuk sebuah image yang kuat, butuh pengulangan dan waktu yang tidak sebentar, mungkin puluhan tahun bahkan ratusan tahun, seperti yang dialami oleh negara-negara contoh di atas.

 

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

One Response to IMAGE TERBENTUK

  1. Pingback: POLITIK DAN SEPAKBOLA « Blog SD18

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: