KIBLAT

Kiblatnya umat Islam Indonesia dan seluruh dunia, terutama dalam pelaksanaan sholat pasti harus menghadap ke Ka’bah di kota Mekah Saudi Arabia. Bangunan berwarna hitam dan berbentuk kubus yang sudah ada sejak jaman Nabi Ibrahim a.s tersebut menjadi patokan arah umat Islam dalam menyembah Yang Maha Kuasa.
Kiblatnya umat Katolik Indonesia dan seluruh dunia ? Mohon maaf, Kurang tau pasti, tapi dipastikan setiap tanggal 25 Desember perhatian sebagian besar seluruh umat Kristiani, khususnya Katolik, fokus tertuju ke Vatikan, sebuah negara kecil yang terletak di dalam negara Italia yang dipimpin oleh seorang Paus tersebut.
Kiblatnya sebagian besar kaum muda Indonesia dan seluruh dunia yang salah satunya disebut budaya rock n’ roll, budaya bebas berekspresi, tanpa mau diatur ini-itu, menuju ke arah Amerika Serikat, ala Amerika, ada yang menyebut dengan istilah budaya barat. Amerika Serikat negara yang melindungi kebebasan berekspresi, akhirnya menularkan budaya-budaya kebebasan tersebut ke hampir seluruh dunia. Semua musik-musik populer, tontonan, entertain termasuk film-film yang beredar di seluruh dunia  dalam beberapa dekade terakhir ini dan sukses dalam penjualan dimulai dari Amerika Serikat. Meski banyak juga musisi-musisi yang berpengaruh, hiburan-hiburan menarik, film-film yang bermutu berasal dari luar Amerika Serikat, seperti Inggris, tapi Amerika Serikatlah yang paling sukses dalam mengemas produk hiburan tersebut menjadi sebuah tontonan yang spektakuler, menjadi sebuah bisnis yang menggiurkan.
Kiblatnya teknologi canggih untuk Indonesia dan seluruh negara dunia di era sekarang jelas masih tertuju ke Amerika Serikat, Eropa Barat + Rusia + Jepang. China pun yang sedang merintis untuk menjadi raksasa dunia, dalam hal teknologi belum mampu mandiri dan sementara masih harus “berkolaborasi” dengan teknologi barat dan lain-lain.
Kiblatnya mode, fashion Indonesia dan seluruh dunia sekarang sebagian besar masih menuju ke Paris Perancis dan Milan Italia. Dua negeri Eropa yang sangat banyak dikunjungi turis dari seluruh dunia tersebut memang sudah mempunyai image yang kuat di bidang mode dan fashion. Sebagian besar merk produk-produk fashion + kosmetik terkenal yang bergengsi masih didominasi dengan nama-nama yang berbau Perancis dan Italia.
Kiblatnya orang-orang Indonesia dan negara seluruh dunia untuk urusan penunjuk waktu, jam tangan atau arloji pasti akan tertuju ke negeri Switzerland. Negeri yang disebut Swiss tersebut memang sudah kadung kondang dengan produk jam tangan yang sangat berkualitas.
Kiblatnya sepakbola dunia termasuk Indonesia arahnya masih ke negara-negara latin, khususnya Brazil dan negara-negara Eropa Barat. Namun ke dua kubu tersebut dalam memainkan sepakbola jelas berbeda. Negara-negara latin khususnya Brazil memainkan sepakbola dengan gaya yang indah dipadu dengan kedisiplinan yang tinggi. Negara-negara Eropa barat memainkan sepakbola seperti sebuah system yang teratur dipadu dengan kedisiplinan yang tinggi pula. Namu beberapa negara Eropa telah sukses mengembangkan gaya latin dipadu gaya Eropa, seperti Spanyol dan Portugal.
Kiblatnya pengobatan khususnya pengobatan tradisional untuk seluruh dunia termasuk Indonesia sebagian besar menuju ke arah negeri China. Setidaknya dalam sejarah asal muasalnya, ada beberapa produk medis pasti sempat menyebut negeri Tirai Bambu tersebut. Ala Tiongkok kuno, ramuan Cina kuno, pengobatan jaman dinasti Ming, dinasti Tang dll.
Dalam beberapa tahun ke depan beberapa di antara kiblat-kiblat yang disebutkan di atas bisa saja berubah arah karena kondisi yang memaksa atau tidak memaksa.
Lalu bagaimana dengan negeri Indonesia ? Bisakah negeri Nusantara ini menjadi sebuah kiblat untuk seluruh bangsa di dunia dalam sesuatu urusan ? Mungkin dalam urusan kuliner ? Mungkin dalam urusan busana timur (East Style)? Urusan binatang langka ? Atau dalam urusan etika, urusan budaya malu, urusan keramah-tamahan kepada orang atau bangsa lain ? Adakah sumber-sumber lain atau potensi lainnya yang bisa menjadikan Indonesia sebuah negeri yang bisa dijadikan kiblat oleh negeri-negeri lain ?

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: