PANAS DINGIN NYA CUACA

Cuaca panas yang akhir-akhir ini melanda banyak yang bilang lebih panas tapi kemudian … “Kalau kondisi begini biasanya nanti turun hujan”.
Sebagian yang lain bilang, beberapa tahun terakhir ini terjadi cuaca ekstrim, berubah drastis, sangat cepat, berbalik 180 derajat, siang panas terik melebihi batas normal, jam 8 pagi sudah terasa panas, nanti sore atau malamnya hujan lebat. Ada yang berpendapat kalau terjadi cuaca berubah-rubah drastis begini, bisa banyak timbul penyakit, gampang sakit. Kalau sudah banyak yang terkena sakit ? “Memang lagi musimnya”

Beberapa pendapat mengatakan, kalau terjadi cuaca ekstrim seperti itu karena dipengaruhi oleh apa yang disebut dengan istilah Global Warming atau pemanasan global yang diakibatkan (salah satunya) oleh produksi gas buang yang melebihi dari jumlah yang semestinya dari bumi itu sendiri. Para ahli berpendapat bahwa dengan naiknya suhu bumi, maka kutub utara dan kutub selatan yang selalu diselimuti es yang membeku, always freeze !, perlahan-lahan akan mencair dan lelehan airnya mengalir menuju ke laut, akhirnya permukaan air lautpun menjadi naik, diprediksi kurang lebih sekian centimeter per tahun. Ironisnya pembangunan besar-besaran yang terjadi di daratan ditambah eksploitasi air tanah yang tak kalah besarnya pula malah menurunkan permukaan daratan kurang lebih sekian centimeter pertahun. Tetapi seandainya pemanasan global atau global warming tersebut bisa hilang sama sekali, bumi jadi lebih adem lagi, apakah permukaan air laut akan menurun lagi ? (untuk beberapa centimeter).
Ada juga pendapat, karena dipengaruhi oleh pembakaran hutan atau pembalakan hutan secara besar-besaran demi jalannya sebuah industri skala besar dan melebihi jatah yang telah ditentukan sampai hutan khusus konservasipun dibabat habis juga.
Sebagian orang bilang, tahun ini bisa saja terjadi banjir 5 tahunan (balita), meski belum tentu terbukti.
Beberapa pendapat menyebutkan, pengaruh dari hujan yang terjadi terus-menerus mengakibatkan buah-buahan jadi terlambat panen. Dan kalaupun akhirnya terjadi panen, rasa buah itu jadi kurang manis, karena terlalu banyak air.
Beberapa orang mengeluh, karena turun hujan terus menerus bisa seharian, pakaian yang dijemur jadi nggak kering-kering sampai sore bahkan malam. Akhirnya jemuran numpuk. Dan semakin mengeluh dan marah lagi ketika anaknya yang pulang main dari luar bajunya terlihat belepotan, mungkin terkena tanah atau main tanah sembarangan.
Ada yang bilang bahwa musim hujan biasanya identik dengan musim kawin, banyak pasangan yang menikah. Tapi ketika musim panas berlangsung (bahkan lebih panjang), apakah pasangan yang sudah siap lahir batin untuk menikah, mau menunggu dulu datangnya musim hujan untuk segera naik ke pelaminan ?
Ada opini yang mengatakan bahwa kalau musim hujan tiba, maka bisnis payung atau penjual payung akan menjamur. DI mana-mana mudah dijumpai penjual barang yang kalau dibuka dan dikembangkan tersebut persis seperti jamur. Tapi ada juga bisnisnya yang jadi kurang lancar, seperti tukang es atau minuman dingin. Jarang yang mau minum es yang dingin ketika musim dingin, waktu musim hujan, kecuali yang memang sudah hobi berat minum es.
Sebaliknya ketika tukang es atau penjual minuman dingin senang bisnisnya naik ketika datangnya cuaca panas atau kemarau yang bisa membuat orang-orang kehausan, apakah tukang payung atau penjual payung bisnisnya jadi menurun atau kurang laku ? Meski sebagian orang ada juga yang memanfaatkan payung untuk melindungi dari sengatan panasnya terik matahari di musim kemarau.
Untuk mendinginkan suasana yang makin memanas apalagi saat cuaca panas, harus dengan kepala yang dingin, mungkin juga dengan tangan dingin.
Untuk memanaskan suasana yang dingin membeku harus dengan kepala yang panas atau tangan yang panas ?
Di beberapa tempat, telah terjadi tumbangnya pohon besar di pinggir jalan utama atau jalan protokol, karena diterpa oleh kerasnya angin disertai hujan yang terus menerus dan bisa menimbulkan korban. Padahal ketika cuaca sedang panas atau di musim panas, pohon besar yang rindang itulah yang membuat teduh dan jadi tempat bernaung yang nyaman untuk istirahat di bawahnya.

“Apabila kita sedang berteduh di bawah pohon yang rindang, maka ingatlah akan orang yang menanamnya”

bernaung

 

 

 

 

 

 

(tapi siapa yah yang menanamnya, nggak kenal) BTW : Terima kasih banyak!!

Makanan dan (terutama) minuman yang biasa dikonsumsi orang-orang di daerah yang bercuaca dingin berbeda dengan makanan dan minuman orang-orang yang berada di daerah bercuaca panas. Meskipun demikian banyak juga orang-orang yang berada di daerah bercuaca panas mengkonsumsi makanan dan minuman yang biasanya dikonsumsi untuk orang-orang yang berada di daerah bercuaca dingin, begitu pula sebaliknya.
Hati boleh panas, apalagi di kala cuaca sedang panas, tapi kepala harus tetap dingin, tapi jangan seperti musim dingin ekstrim, nanti darahnya benar-benar membeku.
Cuaca boleh panas, tapi mudah-mudahan diberi hawa yang agak sejuk jadi adem.
Bagaimana menyiasati cuaca panas yang ekstrim atau cuaca dingin yang ekstrim ? Cuaca ekstrim dari panas menyengat kulit di atas normal kemudian berubah mendadak jadi dingin, menggigit tulang sum-sum, mau diapakan lagi ? Semoga tetap sehat-sehat selalu.

HOMEPAGE

Advertisements

2 thoughts on “PANAS DINGIN NYA CUACA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s