ORANG TUA YANG SUDAH TUA

old manOrang tua, mobil tua, motor tua atau juga kapal tua dan pesawat tua atau kota tua.

“Ya udah tua, mau diapain lagi, mau digimanain lagi, susah”.
Sudah tua walaupun dirawat dan dipelihara sesuai dengan prosedur standar, tetap aja tua. “Nggak masalah sih”. Berhubung yang belum tua harus (namanya juga usaha) dan jadi kewajiban. Yang nggak kita ketahui kan endingnya kapan, tamat riwayatnya kapan … matinya kapan, apalagi urusan “happy ending atau unhappy ending”, yang sudah pasti menjadi rahasia besar.
“Penyakit seperti itu emang begitu pak, bu, capek-capek ngerawat, keluar duit sampai puluhan juta, akhirnya “lewat” juga, pergi untuk selamanya. Mungkin jadi ujian pak, bu, khususnya yang belum tua. Sabar aja, jalanin aja”. “Semoga mendapat balasan yang berlipat ganda dari Yang Maha Kuasa”.

“Tua tua keladi, makin tua makin jadi”
“Tua tua nanas, makin tua makin ganas dan trengginas”

Yang paling pas memang cuma memperlambat penuaan bukan mencegah penuaan.
Sebuah kota yang sudah tua yang sudah berumur ratusan tahun yang meskipun setiap tahun selalu dirayakan dengan meriah dan antusias. selalu dirias agar terlihat tidak tua dan tetap cantik, tapi kalau memang sudah banyak penyakitnya alias komplikasi, akibat kurang terawat dengan baik, cepat atau lambat akan menjadi kenangan, kenangan pahit dan kenangan manis, dan bisa menjadi pelajaran sangat berharga bagi kota-kota yang lain yang belum tua, yang belum terjangkit bermacam-macam penyakit.
Sebuah kota tua yang sangat dibangga-banggakan dan menjadi barometer kehidupan, baik dari sisi ekonomi atau sosial dan lainnya, tapi karena terus menerus menjadi andalan puluhan juta manusia dengan segala macam keinginannya, bahkan keinginan yang aneh-aneh tanpa bisa berbagi dengan kota-kota lain, maka lambat laun akan limbung juga, kelimpungan juga, demi memenuhi keinginan jutaan manusia tersebut.
Ibarat orang tua (manula) yang terus menerus sakit-sakitan (baca : sakit beneran), komplikasi diabetes, stroke, kolesterol, asam urat. Ngobatinnya mulai darimana yah ? Perbaikannya diawali darimana ? Dokter yang hebat dan sangat mengenal luar dalam keadaan manula tersebut pun akan sulit, apalagi dokter yang sama sekali belum mengenal luar dalam si manula tersebut.
Atau diCloning aja, bisakah sebuah kota tua dikloning ? Agar keadaannya bisa seperti dulu lagi.

“Pertama dari bayi terus tumbuh semakin besar lalu semakin dewasa lalu semakin tua sampai manula, akhirnya Kami kembalikan lagi ke posisi yang serendah-rendahnya”

“… ada yang sampai usia yang sangat tua dan tidak bisa mengingat lagi apa-apa yang dulu pernah diketahuinya”

Kalau orang yang sudah sangat tua kelakuannya bisa kembali seperti anak kecil lagi, maka apakah kota besar yang sudah tua juga bisa kembali seperti kota kecil yang masih muda seperti dulu ?
Gedung tua, bangunan tua meski bernilai sejarah, karena sesuatu dan lain hal, bisa juga dihancurkan dan diratakan untuk kepentingan yang belum tua (baca : masih muda).

Yang mau awet muda telah berada di ambang ketuaan

HOMEPAGEMANUSIA ANEH

WALLPAPER ART

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: