WARNA PUTIH, MAKNANYA DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA

 

 

putih

 

Kopi putih atau white Coffee, beberapa tahun terakhir ini sangat populer kehadirannya, walaupun setelah diseduh air panas atau air es dingin, warnanya tetap aja nggak putih alias cokelat.
Putih itu bukan warna, seperti juga hitam, keduanya itu hanya kesan dari cahaya, kata seorang guru menggambar.
Ada suatu hadist berbunyi : Warna yang disukai Allah adalah warna putih. Tapi hakekatnya perlu penjelasan para ahli, warna putih yang dimaksud itu warna-warna yang kebanyakan yang ada di dunia, seperti orang yang memakai baju putih, pakai celana putih, naik kendaraan putih, seperti ambulan (tapi yang putih), nyalakan lilin putih atau benda-benda lainnya? Atau penafsiran lain, yaitu Allah itu suka warna putih dalam arti cinta sama orang-orang yang bersih hatinya, ikhlas dan senang bersuci.
Warna putih bisa juga dihubungkan dengan misalnya : Para jemaah haji waktu melaksanakan ibadah harus mengenakan kain tanpa jahitan yang putih.
Rambut yang mulai memutih alias uban, banyak yang mengecatnya jadi hitam, merah, kuning, pink. Ada yang menyebut bahwa uban itu adalah sebagai mahkota.
Beberapa orang kaum adam (baca:pria), menyenangi bahkan mengharapkan bisa menggandeng kaum hawa (baca:wanita) yang berkulit putih, meski belum tentu hatinya putih.
Tidak sedikit juga kaum hawa (baca:perempuan), menyukai bahkan berharap bisa bersanding dengan laki-laki yang berkulit putih,  bahkan dari bangsa lain, mungkin bule, mungkin Korea dan sebagainya.
Ibu-ibu yang mau cuci pakaian, jaman sekarang kebanyakan senang memakai bahan pemutih. whitening. Kalau jaman dulu ada pemutih pakaian tapi anehnya kok berwarna biru ? Seingatku namanya “bulao”.
Kabarnya di beberapa wilayah ibukota Jakarta sudah terjadi krisis air bersih, bisa jadi untuk minum air putih yang sehat sudah tidak jernih lagi, atau sudah agak berbau.
Yang terbaik untuk kesehatan memang harus banyak-banyak minum air putih setiap hari. Bisa dibuktikan, di seluruh Rumah sakit atau poliklinik medika, semua pasien dipaksa untuk meminum air putih, dalam arti bukan dicekokin minum tapi diinfus dengan botol yang berisi air putih hingga sehat dan pulih. Karena memang yang namanya sedang sakit itu malas untuk makan minum dan males ngapa-ngapain.
Film horor barat atau film horor lokal made in Indonesia, semua penampakan yang mengusik kehidupan yang menemukannya kenapa selalu didominasi oleh warna putih, meski kebanyakan sudah lusuh, compang camping.
Tentang film, jadi ingat film lama, RED HEAT, ada sebuah dialog antara seorang polisi kulit putih diperankan oleh ARNOLD SCHWARZENEGGER dengan tahanan kulit hitam, negro yang namanya kalo nggak salah … Abdul Elijah, seorang bandar narkoba yang mengendalikan bisnisnya dari dalam penjara, berdialog, dan tahanan kulit hitam itu sempat berkata bahwa, “Negara Amerika Serikat ini dibangun dengan mengeksploitasi orang-orang kulit non-putih alias kulit hitam”. So WHAT DO YOU THINK?
Kenapa beberapa wanita yang tidak putih atau kurang putih berusaha untuk memutihkan kulitnya, setidaknya wajahnya dengan krim pemutih, whitening? Jadi ingat seorang megastar pop terkenal dunia yang sudah almarhum.
Kenapa ada beberapa kaum wanita yang memang aslinya putih dengan sengaja ingin menyamarkan kulit putihnya jadi semacam cokelat, katanya lebih seksi? Berjemur di pantai.
Adakah warna putih yang berhubungan dengan yang negatif ? Karena kalau kita mengikuti warna-warna putih seperti yang ada di dunia, ada juga sesuatu di dunia yang berwarna putih yang malah berkonotasi nggak baik. Seperti penjahat kerah putih, serbuk heroin atau sabu-sabu yang putih.
Ada penyakit spesifik yang terjadi pada kaum perempuan ada yang disebut keputihan. Tapi aku nggaK paham yang putih yang mananya?
Penyakit kulit yang terlihat ada beberapa bagian yang putih berbentuk kepulauan, alias panu.

Berhubungan dengan hiburan yang menggunakan kata-kata putih :

LEGENDA ULAR PUTIH
WHITE LION                    Rock Band
WHITE SNAKE                   Rock Band
BLACK OR WHITE                Lagu Michael Jackson
PETER WHITE                   Pelatih tim sepakbola
BAWANG MERAH vs BAWANG PUTIH
dll.

Atau waktu pengurusan jenazah dengan memakai kain kafan berwarna putih, apakah bermakna : Akhirnya semua manusia pasti akan kembali menghadap Yang Maha Kuasa, nggak perlu bawa harta dari dunia kecuali amal perbuatan.
Dan di alam berikutnya sana, pasti tidak ada hal yang dibikin jadi wilayah abu-abu atau nggak jelas, samar-samar seperti di dunia ini, yang ada hanya kepastian : HITAM dan PUTIH.

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: