JUAL BELI MANUSIA

Segala kegiatan atau aktifitas antara manusia dengan manusia lainnya di mana yang satu memberi sebuah barang atau jasa kepada yang lainnya, kemudian yang lainnya langsung memberikan barang lain, terutama uang, ke yang satunya, baik yang bekas maupun yang baru, yang masih seger, itu sama juga artinya dengan jual beli.

ENTE JUAL ANE BELI!

Dalam sebuah arena pertarungan tinju atau arena olahraga yang dengan sengaja membenturkan fisikya, dalam hal ini tangan atau kakinya, tapi tolong jangan dengan mulutnya, nanti urusannya jadi beda, ke wajah atau badan lawannya, seperti tinju boxing, karate, pencak silat, thai boxing dan semacamnya, ada istilah jual beli pukulan. Artinya dalam pertarungan tersebut benar-benar terjadi saling menyerang dengan sengit. Gimana kalau jual beli tendangan ? “Hmmm. mungkin itu sepesial di cabang beladiri seperti tae kwon do, nendang melulu. Meski di dalam arena tawuran masal, terjadi juga jual beli tendangan termasuk juga pukulan, baik dengan tangan kosong maupun tangan berisi alias bersenjata.
Akhir-akhir ini di dunia olahraga sepakbola, bursa transfer yang terjadi biasanya transaksi yang diadakan oleh klub profesional yang dikelola oleh manusia untuk urusan penjualan dan pembelian pemain yaitu manusia juga. Dengan rekor transfer yang sangat fantastis dan makin menggila, harga seorang pemain saja yang bisa tembus ke angka triliunan. Maka pemain itu memang bisa menghibur jutaan penggemar sepakbola sekaligus, bahkan puluhan juta orang di seantero jagat dunia ini. Tapi apakah seandainya nilai transfer sebesar itu tiba-tiba di tangguhkan dulu alias pending dulu atau sebagian saja dipotong dan diberikan kepada kelompok jutaan manusia lain yang lagi susah sulit sembelit, akan dapat menghibur jutaan manusia yang lainnya yang nggak lagi susah?
Anak-anak remaja yang masih sangat belia, yang sudah terlihat berbakat main bola sudah dibina di tim junior sebuah klub dan natinya akan menggantikan pemain yang sudah tua di tim senior, artinya regenerasi terus berjalan. Bahkan beberapa pemain terkenal seperti Michael Owen, Wayne Rooney, Robinho, Neymar dan lain-lain, belum menginjak usia 20 tahun sudah bergabung dengan tim senior, karena kemampuan mereka sudah di atas rata-rata. Semakin ke sini para pemain muda semakin banyak yang lebih muda dan talentanya sudah cukup bagus. Jangan-jangan lama-kelamaan atau sebentar lagi, anak-anak yang masih balita juga sudah masuk DPO yaitu daftar pencarian orang. Maksudnya anak-anak itu sudah dipersiapkan oleh sebuah klub terkenal untuk dijadikan pemain binaannya. Jangan-jangan juga nanti yang masih jabang bayipun sudah dimasukkan ke dalam DPO juga, untuk dijadikan pemain bola. Kan bakatnya belum terlihat ? Soal itu barangkali bisa saja direkayasa, bisa diatur, teknologi kan berkembang terus. Jadi ada salah seorang pengurus sebuah klub sepakbola yang mendampingi seorang ibu yang sedang melahirkan di Rumah Sakit, nanti anak itu sudah diproyeksikan jadi pemain sepakbola. Itu juga kalau ibunya ikhlas bayinya sudah dijadikan proyek sepakbola, kalo tidak, maka bisa jadi transaksi yang bisa jadi menggiurkan. SI mamanya bayi itu bisa langsung terima duit. Samakah yang semacam itu dengan apa yang dinamakan dengan jual beli bayi? Bedakah dengan jual beli manusia? Legalkah?
Namun entah kapan dan sepakbola macam apakah yang melakukan kegiatan seperti itu? Entah.

Advertisements

About blogini
Site ini berisi tentang gambaran keadaan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: