PENGALAMAN

makro

Pengalaman artinya adalah suatu peristiwa yang pernah terjadi, yang dialami oleh seseorang atau orang banyak, yang bisa mempengaruhi kehidupannya, bahkan bisa pula mempengaruhi kehidupan orang lain. Jadi, pengalaman itu kejadian yang sudah terjadi, bukan kejadian di masa akan datang, tidak ada pengalaman yang akan datang. Misalnya si A punya pengalaman, kemudian dia menceritakannya kepada temannya atau saudaranya yaitu si B. Ternyata setelah diceritakan oleh si A, si B jadi terpengaruh, entah terpengaruh jadi larut dalam kesedihan ataupun larut dalam kegembiraan.
Setiap orang dalam masa hidupnya pasti punya pengalaman. Mulai dari yang masih balita hingga apalagi yang sudah dewasa. Pengalaman ada yang sifatnya baik dan bermanfaat ada pula yang sifatnya tidak baik atau buruk, jadi pengalaman buruk dan jangan sampai terulang lagi.
Ada pepatah : PENGALAMAN ADALAH GURU YANG SANGAT BERHARGA

Banyak orang-orang sukses, orang-orang yang sudah berhasil, sesuai dengan bidangnya masing-masing tentunya, berkata seperti berikut “SAYA BANYAK BELAJAR DARI PENGALAMAN”. Jadi secara langsung atau tidak langsung, orang tersebut mendapatkan ilmu dari peristiwa yang pernah dialaminya ataupengalamannya, atau juga pengalaman orang lain yang mempengaruhinya. Maka seseorang yang sudah berpengalaman dalam bidang tertentu akan mendapatkan nilai lebih dalam pandangan masyarakat dibanding yang belum berpengalaman, misalnya dalam persaingan mendapatkan pekerjaan.

ARE YOU EXPERIENCE ?  The EXPERIENCED
Pengalaman kalau diceritakan secara lisan maupun tulisan, sedikit apalagi banyak, di dalam dunia akademik atau dunia pendidikan itu sama artinya dengan sejarah yang dalam istilah asingnya disebut history. Jadi sejarah itu identik dengan pengalaman.
Sehubungan dengan sejarah dan pengalaman, Allah SWT menurunkan salah satu mukjizatnya kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu dalam bentuk AL-Qur’an, banyak diantara ayat-ayat dan surat-suratnya yang menjelaskan dan menceritakan tentang sejarah dan peristiwa yang pernah dialami oleh para umat terdahulu sebelum masa umatnya Nabi Muhammad SAW hingga umat nabi Muhammad SAW sendiri. Terutama peristiwa sejarah yang dialami oleh para Nabi dan Rosul sebelum Nabi Muhammad SAW sampai Nabi Muhammad SAW sendiri. Misalnya peristiwa atau sejarah tentang manusia yang pertama sekaligus Nabi yang pertama yang diturunkan oleh Allah, yaitu Nabi Adam as. Lalu ada lagi peristiwa yang menceritakan tentang perjalanan kehidupan Nabi NUH as beserta umatnya. Kemudian sejarah yang mengkisahkan tentang seorang Nabi Soleh as. Selanjutnya peristiwa yang dialami oleh yang disebut sebagai Bapaknya para nabi, yaitu Nabi Ibrohim as. Terus ada kisah yang menceritakan tentang sejarah Nabi Luth as. Juga tentang Nabi Musa as dengan mukjizatnya yang membelah laut, Nabi Yusuf as, Nabi Ayub as, Nabi Sulaiman as, nabi Yunus as sampai Nabi Isa as hingga peristiwa-peristiwa di jaman Nabi Muhammad SAW sendiri.
Dengan banyaknya penjelasan atau kisah sejarah yang dialami oleh para Nabi dan Rosul di dalam Al-Qur’an tersebut, maka terbuktilah bahwa pengalaman itu bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi yang mengalaminya dan bisa pula sangat penting untuk dijadikan pelajaran oleh generasi-generasi berikutnya. Entah pengalaman itu jangan sampai terulang lagi di masa mendatang atau untuk menjadi bahan referensi. Ada sangat banyak sekali contoh-contoh pengalaman yang lain yang terjadi di masa era modern yang bisa menjadi pelajaran yang sangat berguna bagi generasi setelah peristiwa tersebut. Seperti peristiwa pahit akibat dari perang Dunia I dan Perang Dunia II, yang sangat banyak menelan korban jiwa dan kerusakan.
Dan peristiwa-peristiwa penting lainnya yang terjadi di dunia, termasuk di Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s