BAYAR HUTANG SAMPAI LUNAS

Janji itu salah satu dari jenis hutang lho pak/bu? Jadi dengan cara bagaimana pun harus bayar, jangan sampai kelilit terhimpit. Kredit lunak dari bank yang ngendon yaitu bank yang punya gedung kantor atau hutang lunak dari bank yang ngider alias bank keliling, atau barangkali pinjaman yang keras, semuanya memang harus kita bayar lunas biar impas, terbebas dari kewajiban dan krisis. Baik pinjaman lunak atau pinjaman keras resikonya bisa menghadapi yang berawal dari tagihan lunak hingga tagihan yang berujung dengan kekerasan.

 

 

 

 

Kenapa harus nagih hutang ?  Mungkin wajar, dan memang wajib sih, yang nagih kan bisa jadi lagi butuh juga, boleh jadi butuh nggak butuh atau memang sudah jatuh tempo.
“Uang saya sih sebenarnya banyak lho mas, bisa ratusan juta, tapi adanya di luar, masih di orang lain dan itu masih harus ditagih dulu. Tapi kalo orang lain itu ditagihnya susah banget, susah bayar, nembak terus, tar ter tor!, sampai akhirnya nggak bilang-bilang, maen pindah rumah aja entah kemana tau? Jadi kredit macet, kemungkinan besar uang itu sebenarnya bukan uang kamu, bukan rezekinya. Orang lain yang terlilit utang, kamunya juga jadi ikut sembelit, gak jadi dapet duit.
Kenapa waktu nagih hutang ada yang sampai harus nyebut-nyebut jasa ?, “Kan dulu kamu pernah saya kasih gituan, pernah saya gituin, biar semua jadi lebih mudah dan lancar untuk kamu yang sedang terhimpit problema”. Yang dulu mungkin pernah membantu meringankan beban hidup yang punya hutang ketika sedang susah morat marit.
Kenapa nagih utang harus dengan nyebut-nyebut, menghubung-hubungkan kemurahan hatinya yang dulu, demi menyelesaikan masalah beratnya yang ternyata, nggak diduga-duga kini melanda yang nagih hutang, yang punya piutang.
Pantas nggak yah kalau yang nagih utang noleh ke belakang lagi, ngungkit ungkit yang dianggap bernilai jasa, baik budi, kemurahan hati, dermawan, budiman dll.
Urusan murah hati, jasa dan kemudahan-kemudahan yang pernah si empunya piutang berikan untuk yang punya hutang yang sedang membutuhkan itu, kini seolah jadi senjata yang cukup ampuh. TOP GUN
Sebuah negara adidaya ekonomi atau sekelompok negara-negara donor yang secara rutin memberikan paket pinjaman lunak tapi hutang juga kepada negara-negara yang membutuhkan bantuan demi membangun ekonomi, infrastruktur, pendidikan, kesehatan bahkan pertahanan, bisa saja suatu saat nanti negara-negara pemberi paket bantuan pinjaman utang tersebut membutuhkan bantuan dari negara-negara lain juga, bahkan mungkin saja dari negara-negara yang sering mereka beri bantuan. Jangan-jangan gara-gara hutangnya belum ditagih sampai lunas atau susah banget sih ditagihnya ? What’s the Problem ?
Beberapa negara yang rutin diberi pinjaman utang untuk pembangunan selama puluhan tahun, karena terus menerus minta tempo keringanan untuk pembayaran tanpa terasa utangnya makin besar sampai setinggi gunung, terus nanti kalo uangnya cuma dikit, biar utangnya bisa lunas bayarnya harus pakai apalagi ? Pake gunung? Apakah dengan cara jual-jualin barang yang ada, bahkan jual murah, seperti halnya obral? bisa TERANCAM KOLAPS. masuk dalam kategri negara yang bangkrut.
Sekelompok negara-negara yang beraliansi memenangi peperangan masal yang mungkin akibat dari urusan utang piutang dan melibatkan hampir seluruh negara di dunia atau perang dunia, akhirnya turun tangan membantu menyelamatkan negara-negara yang mereka kalahkan sampai porak poranda dalam peperangan yang merenggut banyak nyawa umat manusia tersebut. Tapi ujung-ujungnya setelah kondisi negara yang dapat bantuan itu pulih, suatu saat jadi nggak enak karena merasa punya utang budi. Lalu bagaimanakah caranya agar waktu punya utang tetapi masih tetap punya perasaan enak ?
HUtang uang harus dibayar dengan uang, hutang barang ? yang enak sih bayarnya pake uang aja deh, mentahnya aja. Lalu bagaimana dengan hutang budi ? Wah aku lupa, yang namanya budi itu orangnya yang mana yah? perasaan aku nggak pernah kenal si budi. Kalau hutang nyawa ? Tergantung di mana peristiwanya berada, tapi kabarnya kalau di Arab Saudi cara bayarnya tergantung maunya pihak keluarga yang kehilangan nyawa. Kalo keluarganya sepakat ikhlas secara kekeluargaan, cara penyelesaiannya bisa dengan yang lain, tapi kalo nggak ikhlas dan menyerahkannya kepada hukum yang berwenang, dengan apakah harus membayarnya ?
Sampai-sampai manusia yang paling dekat dengan Yang Maha Kuasa (baca :nabi), mengajarkan kepada umatnya sebuah do’a agar bisa terbebas dari hutang atau bisa bayar lunas utang. Berarti hutang adalah hal yang sangat krusial bahkan sensitif lahir dan batin.
Ada seorang pakar yang berpromosi tentang bagaimana caranya memiliki rumah, apartment atau properti lain tanpa utang.
Gara-gara mau nagih hutang, sebilah golok di leher melintang. Ada yang nekat berutang gara-gara pengen jadi bintang. Ada yang berhutang karena pengen beli lauk matang. Ada yang punya utang tapi pas ditagih suaranya lebih lantang, galakan die.
Dalam sebuah acara mendadak yang terjadi di rumah duka, tuan rumah yang berduka kadang-kadang menyebut, maafin ya pak, mungkin masih ada sangkutan ataupun utang. Pengennya sih dibayar sampai lunas tapi cara nagihnya gimana yah?
Lebih gede manakah hutangnya negara miskin dibandingkan negara yang kaya.
Lebih besar manakah hutangnya orang miskin dengan utangnya orang kaya ?

BAYAR DULU=BAYARNYA SEKARANG

UANGKU

Advertisements

SOLUSI SELALU ADA, MESKI KADANG KONTROVERSIAL

Kreatifitas-kreativitas baru dan ide-ide cemerlang bisa muncul karena kondisi dan keterbatasan-keterbatasan.  Ngakal-ngakalain biar bisa, biar jalan lancar, yang penting jalan dulu, biar jadi, walau sifatnya darurat, daripada mengeluh terus.
Untuk menempuh jarak satu juta kilometer harus memulai dengan satu dua langkah.
Akhirnya tanpa disengaja, terciptalah sebuah karya atau solusi yang di luar kebiasaan yang sudah ada, yang tidak lazim, tapi revolusioner dan mendunia. Kalau dalam dunia olahraga yang penting dapet nilai dulu, menang dulu, seperti :

Pemain sepakbola dari Argentina, Diego Maradona terpaksa menggunakan tangannya untuk memasukkan bola ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986 di Mexiko. Habis kurang tinggi sih bodynya. Niatnya mau nyundul itu bola dan lompatannya sudah maksimal, tapi sayang, masih kalah tinggi dengan penjaga gawang Inggris Peter Shilton. Wasit dan hakim garis yang terbatas pandangannyapun mensahkan bola yang masuk ke gawang. Goooll … Meski kemudian Maradona “menebusnya” dengan aksi solonya yang fantastis. SOLUSI mencetak gol dari si Maradona ini terkesan kontroversial, soalnya jadi populer dengan sebutan gol tangan Tuhan, HANDS OF GOD. Barangkali akal-akalan seperti Diego ini tidak akan ada lagi, karena berbau keberuntungan.
Contoh solusi di dunia sepakbola, apalagi yah ? “Mohon SOLUSI, trims sebelumnya” 

Pebalap MOTOGP dari Italia Valentino Rossi dari tim Yamaha, pada balapan di sirkuit Laguna Seca, USA di tahun 2008, menyalip lawan tangguhnya, pembalap dari Australia Cassey Stoner dari tim Ducati. Uniknya si Rossi menyalip dari sisi dalam yang terlalu sempit, akhirnya keluar dari jalur track dan seperti memaksakan, sudah menyentuh tanah, walau berhasil tapi yang jelas sangat berbahaya. Yang uniknya, kejadian yang seratus persen sama malah dialami oleh ROssi sendiri, ketika dia disalip dengan cara yang 100 persen sama oleh pembalap muda Spanyol dari tim Repsol Honda, Marc Marquez di arena balap yang sama di tahun 2013.

Contoh solusi di dunia balap, apalagi yah ? “Mohon SOLUSI, trims sebelumnya”

Yang berikut ini mungkin berbeda.

Seorang gitaris rock di era 80-an dari Group musik Van Halen, Eddie Van Halen, lewat sebuah nomor instrumentalnya yang berjudul ERUPTION, sukses mempopulerkan teknik inovasi bermain gitar yang unik yang disebut tapping, yang hingga saat ini caranya bermain gitar tersebut masih menjadi trend gitaris rock sekarang. Begitulah solusinya Eddie menghadapi persaingan antar gitaris-gitaris musik hardrock.
Contoh solusi di dunia musik dan hiburan, apalagi yah ? “Mohon SOLUSI, trims sebelumnya”

Mau jadi orang yang terkenal, ngetop melalui televisi misalnya (sering tampil di tipi), HALL OF fAME. “Wah, sudah banyak sekali saingannya nih! Yang cantik sudah banyak, yang ngganteng bejibun, yang seksi, berderet ? Apalagi ? yang keren Juga buanyakkk. Solusinya bagaimana yah ?
Banyak sekali orang yang berusaha mencapainya dengan aksi-aksi kontroversial yang unik, spektakuler, nggak lazim, tampil beda, berani bahkan rada nekat dengan resiko berat, baik secara fisik maupun non fisik.
Haruskah permasalahan yang sudah bertahun-tahun tidak kunjung usai, bertumpuk-tumpuk dan sepertinya berlarut-larut malah kayanya dibuat-buat kaya baut yang kusut, juga dengan cara solusi yang kontroversial ?
Perjalanan manusia dalam mengarungi kehidupan di dunia ini memang luar biasa. Sejak jaman Nabi-nabi dan para Rosul hingga saat ini, ujian berat selalu ada, bahkan golongan-golongan Nabi dan Rosul, standar ujiannya jauh lebih berat, melebihi cobaan dan ujian untuk manusia-manusia biasa.
Beberapa orang berkata bahwa “Hidup itu harus dijalani”
Ada lagi yang berkata bahwa “Hidup itu harus terprogram”
Berdoa demi sebuah solusi, tapi jawaban dari Yang Maha Pemberi solusi, kurang jelas kapan ? Segera terkabul saat itu juga ?, semenit lagi ? sejam lagi ? atau sebulan lagi ? atau setahun lagi? Ketika sudah terkabul, ternyata jawabannya … (maunya kita sih) yang enak menurut kita, tetapi dikasih yang kontroversial menurut kita. Tapi … Entah. Ya udah deh, sabar sabar sabar sabaaar… Walaupun menurut kita kontroversial, tapi itulah jawaban yang terbaik untuk kita dari Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Kan DI BALIK KESULITAN-KESULITAN ADA KEMUDAHAN-KEMUDAHAN.

TIDUR YANG BERKUALITAS

Koran bekas kardus butut karung goni dijadikan alas untuk tidur, kok kenapa ? kan nggak enak,  bale rusak ? “Nggak punya ranjang ! lagi pisah ranjang ! atau biar gampang bangunnya biar bisa bangun tengah malam ?
Ada yang berpendapat bahwa selain diawali dengan doa untuk tidur, tidur yang sehat dan berkualitas itu harus diusahakan dengan menyelesaikan semua masalah-masalah lebih dahulu, jangan sampai kepikiran, apalagi masalah yang berat dalam hidup ini, jadi jangan sampai ada masalah terbawa sampai tidur, yang sering mengakibatkan apa yang jadi istilah mimpi kesengsem. Misal kangen berat sama seseorang yang dikagumi sampai ketiduran dan mengigau dengan menyebut berkali-kali nama orang yang disukai dan dikagumi itu.
Ada lagi yang bilang bahwa tidur yang baik itu seharusnya 8 jam, agar tubuh kita bisa kembali bugar, pulih. Meski dalam sejarah, kisah sukses orang-orang besar, diceritakan bahwa mereka jarang sekali tidur berlama-lama, sebagian lagi tidurnya hannya sedikit, ada seorang tokoh yang mengaku dalam sehari semalam tidurnya hanya 2 jam. Ada seorang lagi pola tidurnya, 2 jam tidur dua jam melek, jadi selang seling begitu.

“Bangun tidur, tidur lagi, bangun tidur, tidur lagi”

 

 

 

 

 

Seorang balita harus tidur minimal 10 jam per hari, karena seusia mereka butuh. Seorang manusia dewasa terutama manula, banyak yang menderita insomnia, susah tidur, akhirnya demi gampang tidur, mereka belilah obat-obatan yang berkualitas untuk gampang tidur, karena mereka juga butuh .
Beberapa sopir sewaan terlihat ciri-cirinya sama, yaitu mereka sangat kuat menahan ngantuk untuk tidur, meski perawakannya jadi terkesan SLIM.
Sebagian orang untuk jangan sampai tertidur, terlepas tidur itu berkualitas atau tidak, meminum kopi, baik kopi pahit ataupun kopi manis.
Bagaimana kualitas tidurnya orang-orang yang selesai online sampai semalaman suntuk melalui media sosial, jejaring sosial, atau bermain game ?
Dalam sebuah cerita klasik anak-anak, dikisahkan bahwa seorang puteri sedang tertidur panjang dan akan terbangun kalau ada seorang pangeran yang tampan menciumnya.
Tidurnya orang yang pintar (baca: orang berilmu} lebih baik dibandingkan dengan ibadahnya orang yang bodoh (baca: tidak pintar). “Bagaimana kalau orang yang bodoh kerjanya tidur melulu yah ?” “Tamatkah riwayatnya?”
Seorang raksasa dijadikan sebuah perumpamaan yang disebut “Raksasa sedang tidur”.
Pada 10 malam terakhir di bulan puasa Ramadhan, banyak yang sengaja tidak tidur terutama di malam-malam yang ganjil, untuk menyambut/mendapatkan turunnya suatu keajaiban yang penuh dengan rahmat yang sangat besar dari Yang Maha Kuasa.
Diriwayatkan pada jaman dahulu, di masa silam, beberapa orang pemuda yang disebut Ashabul Kahfi, untuk menghindari kejaran seorang raja yang kejam yang barangkali matanya melotot tapi yang pasti bisa tidur juga, sempat tertidur  (baca: ditidurkan) di dalam sebuah gua sampai 300 tahun lamanya. Bahkan ke tujuh orang pemuda itupun tidak menyadari peristiwa yang telah mereka alami. “Masuk akal ?”
Bagaimanakah caranya membedakan seekor ikan itu sedang tidur atau tidak? “Kalau dia merem, ada yang bilang itu ikan setan, mahluk jadi-jadian”
Tapi seberapapun kualitas sebuah tidur, yang pasti ketika seorang manusia tidur, ruhnya berada dalam genggaman Yang Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Mengetahui” alias ZAT yang tidak pernah tidur.

PAUL ANKA :       “I DON’T LIKE TO SLEEP ALONE
DANIEL SAHULEKA : “DON’T SLEEP AWAY THIS NIGHT MY BABY”
IWAN FALS : “WAKIL RAKYAT SEHARUSNYA MERAKYAT, JANGAN TIDUR WAKTU SIDANG SOAL RAKYAT ”

NINA BOBO OOHH NINA BOBO, KALAU TIDAK BOBO DIGIGIT NYAMUK

“WONG LAGI ENAK-ENAK TIDUR KOK DIBANGUNAN !”..(baca: dibangunin)

PANAS DINGIN NYA CUACA

Cuaca panas yang akhir-akhir ini melanda banyak yang bilang lebih panas tapi kemudian … “Kalau kondisi begini biasanya nanti turun hujan”.
Sebagian yang lain bilang, beberapa tahun terakhir ini terjadi cuaca ekstrim, berubah drastis, sangat cepat, berbalik 180 derajat, siang panas terik melebihi batas normal, jam 8 pagi sudah terasa panas, nanti sore atau malamnya hujan lebat. Ada yang berpendapat kalau terjadi cuaca berubah-rubah drastis begini, bisa banyak timbul penyakit, gampang sakit. Kalau sudah banyak yang terkena sakit ? “Memang lagi musimnya”

Beberapa pendapat mengatakan, kalau terjadi cuaca ekstrim seperti itu karena dipengaruhi oleh apa yang disebut dengan istilah Global Warming atau pemanasan global yang diakibatkan (salah satunya) oleh produksi gas buang yang melebihi dari jumlah yang semestinya dari bumi itu sendiri. Para ahli berpendapat bahwa dengan naiknya suhu bumi, maka kutub utara dan kutub selatan yang selalu diselimuti es yang membeku, always freeze !, perlahan-lahan akan mencair dan lelehan airnya mengalir menuju ke laut, akhirnya permukaan air lautpun menjadi naik, diprediksi kurang lebih sekian centimeter per tahun. Ironisnya pembangunan besar-besaran yang terjadi di daratan ditambah eksploitasi air tanah yang tak kalah besarnya pula malah menurunkan permukaan daratan kurang lebih sekian centimeter pertahun. Tetapi seandainya pemanasan global atau global warming tersebut bisa hilang sama sekali, bumi jadi lebih adem lagi, apakah permukaan air laut akan menurun lagi ? (untuk beberapa centimeter).
Ada juga pendapat, karena dipengaruhi oleh pembakaran hutan atau pembalakan hutan secara besar-besaran demi jalannya sebuah industri skala besar dan melebihi jatah yang telah ditentukan sampai hutan khusus konservasipun dibabat habis juga.
Sebagian orang bilang, tahun ini bisa saja terjadi banjir 5 tahunan (balita), meski belum tentu terbukti.
Beberapa pendapat menyebutkan, pengaruh dari hujan yang terjadi terus-menerus mengakibatkan buah-buahan jadi terlambat panen. Dan kalaupun akhirnya terjadi panen, rasa buah itu jadi kurang manis, karena terlalu banyak air.
Beberapa orang mengeluh, karena turun hujan terus menerus bisa seharian, pakaian yang dijemur jadi nggak kering-kering sampai sore bahkan malam. Akhirnya jemuran numpuk. Dan semakin mengeluh dan marah lagi ketika anaknya yang pulang main dari luar bajunya terlihat belepotan, mungkin terkena tanah atau main tanah sembarangan.
Ada yang bilang bahwa musim hujan biasanya identik dengan musim kawin, banyak pasangan yang menikah. Tapi ketika musim panas berlangsung (bahkan lebih panjang), apakah pasangan yang sudah siap lahir batin untuk menikah, mau menunggu dulu datangnya musim hujan untuk segera naik ke pelaminan ?
Ada opini yang mengatakan bahwa kalau musim hujan tiba, maka bisnis payung atau penjual payung akan menjamur. DI mana-mana mudah dijumpai penjual barang yang kalau dibuka dan dikembangkan tersebut persis seperti jamur. Tapi ada juga bisnisnya yang jadi kurang lancar, seperti tukang es atau minuman dingin. Jarang yang mau minum es yang dingin ketika musim dingin, waktu musim hujan, kecuali yang memang sudah hobi berat minum es.
Sebaliknya ketika tukang es atau penjual minuman dingin senang bisnisnya naik ketika datangnya cuaca panas atau kemarau yang bisa membuat orang-orang kehausan, apakah tukang payung atau penjual payung bisnisnya jadi menurun atau kurang laku ? Meski sebagian orang ada juga yang memanfaatkan payung untuk melindungi dari sengatan panasnya terik matahari di musim kemarau.
Untuk mendinginkan suasana yang makin memanas apalagi saat cuaca panas, harus dengan kepala yang dingin, mungkin juga dengan tangan dingin.
Untuk memanaskan suasana yang dingin membeku harus dengan kepala yang panas atau tangan yang panas ?
Di beberapa tempat, telah terjadi tumbangnya pohon besar di pinggir jalan utama atau jalan protokol, karena diterpa oleh kerasnya angin disertai hujan yang terus menerus dan bisa menimbulkan korban. Padahal ketika cuaca sedang panas atau di musim panas, pohon besar yang rindang itulah yang membuat teduh dan jadi tempat bernaung yang nyaman untuk istirahat di bawahnya.

“Apabila kita sedang berteduh di bawah pohon yang rindang, maka ingatlah akan orang yang menanamnya”

bernaung

 

 

 

 

 

 

(tapi siapa yah yang menanamnya, nggak kenal) BTW : Terima kasih banyak!!

Makanan dan (terutama) minuman yang biasa dikonsumsi orang-orang di daerah yang bercuaca dingin berbeda dengan makanan dan minuman orang-orang yang berada di daerah bercuaca panas. Meskipun demikian banyak juga orang-orang yang berada di daerah bercuaca panas mengkonsumsi makanan dan minuman yang biasanya dikonsumsi untuk orang-orang yang berada di daerah bercuaca dingin, begitu pula sebaliknya.
Hati boleh panas, apalagi di kala cuaca sedang panas, tapi kepala harus tetap dingin, tapi jangan seperti musim dingin ekstrim, nanti darahnya benar-benar membeku.
Cuaca boleh panas, tapi mudah-mudahan diberi hawa yang agak sejuk jadi adem.
Bagaimana menyiasati cuaca panas yang ekstrim atau cuaca dingin yang ekstrim ? Cuaca ekstrim dari panas menyengat kulit di atas normal kemudian berubah mendadak jadi dingin, menggigit tulang sum-sum, mau diapakan lagi ? Semoga tetap sehat-sehat selalu.

HOMEPAGE

MANUSIA ANEH YANG TERSAYANG

Aneh, tua-tua keladi, semakin tua malah semakin menjadi, tapi ini nyata. Bisa saja semakin tua malah semakin misterius, ada-ada saja, diajak ngobrol kadang-kadang nggak nyambung. “Tadi pagi kan bicaranya begini, kok siangnya ngomong kayak begitu”.  Sore hari lain lagi, malam hari beda lagi. Seringkali jadi sensitif, mudah tersinggung, cepat marah. Jadi serba salah.  Mau marah takut hatinya sakit, mau mengalah … Mungkin sebaiknya diam saja sambil tersenyum  (jadi bukan artinya dicuekin abis) dan selanjutnya hati-hati, cari aman.  Sabar sabar sabar.

 

“Pertama dari bayi terus tumbuh semakin besar lalu semakin dewasa lalu semakin tua sampai manula, akhirnya Kami kembalikan lagi ke posisi yang serendah-rendahnya”

 

Apakah ini salah satu contoh ujian dalam kehidupan di dunia dari Yang Maha Kuasa bagi mereka-mereka yang diikutinya ? Banyak yang bilang dan mendukung “Kalau nggak ikut sama mereka terus ikut siapa lagi ?” Masa harus ditempatkan di “lokalisasi” sih, tega nian.  Mereka yang diikutinya terus mendapat UJIAN dengan hal-hal dan perilaku yang aneh-aneh.

Yang hasil ujiannya lulus akan mendapat nilai keridhoanNya di alam berikutnya.  Berapa sih nilai keridhoanNya ? Nilainya pasti tidak bisa disamakan dan dibandingkan dengan yang bisa di dapat di dunia bahkan kenikmatan yang ada di dunia yang hanya se …

Yang tidak lulus ujian, karena mungkin sudah terpengaruh oleh keadaan sekeliling, orang-orang yang ada di sekeliling atau karena faktor materi, bisa-bisa mendapat kemurkaanNya di alam berikutnya juga. Bagaimana sih rasanya mendapat kemurkaanNya ? “Kurang tau juga, tapi jangan sampai deh.  Soalnya “perhitungan di alam sana” sangatlah adil. Yang vonisnya harus digebuk eksekusinya pasti digebuk, yang vonisnya harus dirantai eksekusinya pasti dirantai.  Tidak seperti “perhitungan” di dunia yang akhir-akhir ini semakin tidak adil, yang vonisnya 100 tahun eksekusinya bisa jadi 100 hari, yang vonisnya harus didor, waktu eksekusinya belum “sempat” didor, eh, sudah “open the door” duluan. Banyak yang bersandiwara, akhirnya seperti pisau belati, tumpul ke atas tajam ke bawah.

Kurang lebih 9 bulan lamanya kita “berdomisili” tanpa keluar masuk kecuali kadang-kadang berputar, selalu menempel dan membuat berat langkahnya saja, tapi hatinya tetap ikhlas.  Dan ketika kita mau keluar untuk pertama kalinya hijrah ke alam yang berbeda, bisa saja membuat nyawanya ikut-ikutan “keluar” juga.  Perjuangan antara hidup dan mati. Dan setelah “sukses” berpindah ke alam selanjutnya pun, bukannya malah membuat ringan, malah semakin bikin repot saja. Ada juga mereka-mereka yang juga sudah menjadi sepertinya menitipkan si kecil padanya, alasannya sibuk. Lagi-lagi ikhlas.

“UMI” (bahasa Arab), menurut penjelasan Prof. Quraish Shihab artinya bisa “menuju”.  Maka seorang anak kecil yang sedang sedih, menangis biasanya yang pertama dituju adalah ibunya. “Mamaa, emaakkk, mbuuu, oohh Mom .. ”

Ada sejarah yang menceritakan seorang anak yang sedang sekarat maut tapi tidak mati-mati juga, sangat tersiksa dia. Beberapa orang memanggil ibu si anak tersebut untuk memaafkan kesalahannya, tapi si ibu menolak untuk memaafkannya. Akhirnya diputuskan untuk dibakar saja anak yang sekarat maut itu biar cepat mati.  Mengetahui hal begitu, ibunya tiba-tiba jadi nggak tega melihat anaknya akan dibakar, lalu dimaafkan kesalahan anak durhaka tersebut, sampai akhirnya bisa meninggal dengan tenang.

Apakah maknanya “Surga berada di bawah telapak kaki ibu ?”

“Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa. “Hanya memberi, tak harap kembali. Bagai sang surya menyinari dunia.

Sedikit hiburan dari MAYWOOD. Selamat menikmati.

 

ARTIKEL BLOGrelated post