KAWAN DAN LAWAN

Jangan terlalu berlebihan mencintai atau menyukai seseorang, mana tau suatu saat nanti orang itu malah bisa menjadi musuhmu, bikin susah kamu.
AIR SUSU DIBALAS DENGAN AIR TUBA

Jangan kebangetan benci kepada seseorang, mana tau orang tersebut malah yang membantumu di kala kita sedang dalam kesulitan.
AIR TUBA DIBALAS DENGAN AIR SUSU ??
Di dalam dunia politik tidak ada kawan dan lawan sejati, yang ada hanya kepentingan.
Kawan ketika sama-sama nganggur, tapi ketika salah satunya sudah nggak nganggur lagi dan sudah kelihatan berbeda. “Apa kabar kawanku yang masih nganggur?” sapa si yang sudah berbeda. “Hallo Bro ! “Wah kemane aje, keren lho sekarang, ajak-ajak kite dong” balas yang masih nganggur. “AJAK KEMANA ?
Ketika bertanding menjadi lawan, baik lawan tangguh maupun lawan yang enteng. Tapi ketika pertandingan selesai, kembali menjadi kawan. Sportifitas di atas segalanya. FAIR PLAY PLEASE !
Dalam salah satu episode, bisa saja Tom and Jerry yang biasanya selalu ribut melulu, sekali-sekali menjadi kawan yang saling membantu dan menyayangi. DRAMATIS !
“Uda deh kita berkawan aja, daripada jadian tapi malah sering ribut melulu, berantem terus, kan capek. Hmm…cinta itu memang nggak harus memiliki dan nggak harus bersama. MAU ?
Ada kawan bicara, yang awalnya suasana hangat tapi karena kebablasan bisa saja malah jadi memanas.
Ada lawan berbicara, besilat lidah, berkungfu lidah, karate lidah dll.
Lawan tanding ketika sedang berlatih, istilah asingnya adalah sparring partner.
Salah satu kawan yang paling baik menuju sebuah kesuksesan adalah motivasi.
Lawanmu yang paling setia adalah musuh bebuyutanmu
Kawanmu yang paling setia adalah teman bebuyutanmu ?
Ratusan anak buahnya Adolf Hitler dari Nazi Jerman, yaitu para ahli teknik persenjataan dan roket, terpaksa dijadikan kawan oleh beberapa anggota negara sekutu, seperti Amerika Serikat, Rusia dan lain-lain, demi kepentingan riset persenjataan dan program ruang angkasa mereka. Padahal sebelumnya Hitler dengan Nazinya adalah lawan yang wajib diperangi.
Kawan yang tempat tinggalnya dekat dengan kita (baca:tetangga sebelah), terasa seperti saudara.
Saudara yang tempat tinggalnya nggak dekat dari kita (baca:rumahnya jauh), baru terasa seperti saudara ketika tiba hari raya.
Ketika mempunyai lawan yang sama, bisa menjadi kawan.
Ketika mempunyai kawan yang sama, maka ketika sama-sama bertemu : “Hallo kawan-kawan ?
Apa jadinya dunia ini kalau tidak mempunyai kawan.
Apa jadinya pula dunia ini kalau tidak punya lawan.
Adakah di antara yang mempunyai kawan tapi kalau waktu dikasih tau ngelawan melulu, ngeyel.

 

juveKetika sobat kita sedang murung, apa yang harus dilskukan ?

NYALAIN APA DAN SIAPA

“Kamu bisanya nyalain oraaang teruss..sekali-kali nyalain sendiri kek, nyalain lampu kek, nyalain lilin kek… blink smiley
Ada yang pernah tau cara nyalain lampu petromaks nggak ?” “Ribet bener !!!”, dipompa dulu, diisi cairan spiritus dulu yang berwarna biru”, pasang bola lampunya yang berbahan seperti rajutan bahan wol”. Tapi cahaya yang dihasilkannya oke juga sih, meski kesan warnanya tidak seputih bohlam-bohlam yang kebanyakan ada sekarang”. BTW itu barang memang benar-benar antik, unik dan boleh jadi sudah hampir punah.
“Kamu bisanya nyalain lampu atau liliiiin terus…sekali-kali nyalain orang kek, nyalain gue kek, nyalain dirilu sendiri juga boleh”.
“Kayaknya dari tadi pada nyalain gueee…melulu. Giliran elu aja deh, nggak mau dinyalain (baca: disalahkan).
“Ada yang inget lagu nyalain api kehidupan nggak? (baca: nyalakan api kehidupan), yang nyanyinya sudah alm., Nike Ardila.
 

 
Kehidupan yang redup nyaris padam akibat didera permasalahan yang mengganggu pikiran dan perasaan, ibarat bohlam lampu 5 watt, perlu dicharge biar jadi terang benderang kembali. Yang tadinya hanya tinggal setitik harapan, kini jadi ada sekarung harapan. Hidup pun jadi kembali bergairah penuh antusias dan dengan api semangat yang menyala-nyala berkobar-kobar. “Tapi hati-hati yah, takut nyamber kemana-mana apinya”
Orang ada yang merasa gengsi ketika disalahkan, apalagi di depan orang-orang banyak, mau dikemanain ini muka. “He he.. padahal itu muke memang nggak bakal bisa dikemane-manein, kecuali dikerok abis”.
Bagaimana dengan dasamuka ? benarkah mukanya ada sepuluh ? Buat cari muka pasti enak tuh, cepat dapat. dasamuka
Obor Olimpiade atau Asean Games atau pesta olahraga lainnya selalu dinyalakan, sebagai lambang perdamaian ditengah-tengah berkecamuknya banyak perang.
Berkobarnya perang di Timur tengah yang biasanya diakibatkan perebutan ladang minyak, terasa sulit sekali dipadamkan. Haruskah menunggu hingga habis seluruh cadangan minyak di wilayah tersebut agar perang bisa berhenti ?
Perang di beberapa negara Afrika, perang melawan kartel Narkoba, perang melawan teroris. Termasuk perang melawan hawa nafsu yang juga bisa menyala-nyala ? Bahkan hawa nafsu inilah yang menjadi cikal bakal perang-perang yang telah disebutkan sebelumnya.
“Nyalain deh tipinya sana! dari pada kalian maen di luar, matahari nyalanya lagi panas, lagi pula ngeri diculik” “Jreng …akan banyak muncul hiburan-hiburan. Ada hiburan di tengah-tengah ratusan lampu yang banyak dinyalain, sehingga nggak kelihatan mana lampu yang belum nyala, entah karena korslet atau terbakar.
Ada juga hiburan yang mesinnya harus dinyalain, karena kalo nggak begitu nggak bisa ngebut…breeeeeemmmmmmm….
“Tolong kalau mau pergi jauh, jangan tinggalkan kompor dalam keadaan menyala”
Bapaknya para nabi yaitu Nabi Ibrohim a.s, selamat dari bakaran api yang menyala-nyala yang disediakan oleh Raja Namruz, karena iman dan keyakinan kepada Allah SWT di hatinya tetap berkobar membara.
Saya pernah mendengar bahwa api neraka yang menyala walau hanya setitik, kemudian dilemparkan ke bumi, bisa memusnahkan seluruh isi-isinya.

PENGALAMAN

makro

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengalaman artinya adalah suatu peristiwa yang pernah terjadi, yang dialami oleh seseorang atau orang banyak, yang bisa mempengaruhi kehidupannya, bahkan bisa pula mempengaruhi kehidupan orang lain. Jadi, pengalaman itu kejadian yang sudah terjadi, bukan kejadian di masa akan datang, tidak ada pengalaman yang akan datang. Misalnya si A punya pengalaman, kemudian dia menceritakannya kepada temannya atau saudaranya yaitu si B. Ternyata setelah diceritakan oleh si A, si B jadi terpengaruh, entah terpengaruh jadi larut dalam kesedihan ataupun larut dalam kegembiraan.
Setiap orang dalam masa hidupnya pasti punya pengalaman. Mulai dari yang masih balita hingga apalagi yang sudah dewasa. Pengalaman ada yang sifatnya baik dan bermanfaat ada pula yang sifatnya tidak baik atau buruk, jadi pengalaman buruk dan jangan sampai terulang lagi.
Ada pepatah : PENGALAMAN ADALAH GURU YANG SANGAT BERHARGA

Banyak orang-orang sukses, orang-orang yang sudah berhasil, sesuai dengan bidangnya masing-masing tentunya, berkata seperti berikut “SAYA BANYAK BELAJAR DARI PENGALAMAN”. Jadi secara langsung atau tidak langsung, orang tersebut mendapatkan ilmu dari peristiwa yang pernah dialaminya ataupengalamannya, atau juga pengalaman orang lain yang mempengaruhinya. Maka seseorang yang sudah berpengalaman dalam bidang tertentu akan mendapatkan nilai lebih dalam pandangan masyarakat dibanding yang belum berpengalaman, misalnya dalam persaingan mendapatkan pekerjaan.

ARE YOU EXPERIENCE ?  The EXPERIENCED
Pengalaman kalau diceritakan secara lisan maupun tulisan, sedikit apalagi banyak, di dalam dunia akademik atau dunia pendidikan itu sama artinya dengan sejarah yang dalam istilah asingnya disebut history. Jadi sejarah itu identik dengan pengalaman.
Sehubungan dengan sejarah dan pengalaman, Allah SWT menurunkan salah satu mukjizatnya kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu dalam bentuk AL-Qur’an, banyak diantara ayat-ayat dan surat-suratnya yang menjelaskan dan menceritakan tentang sejarah dan peristiwa yang pernah dialami oleh para umat terdahulu sebelum masa umatnya Nabi Muhammad SAW hingga umat nabi Muhammad SAW sendiri. Terutama peristiwa sejarah yang dialami oleh para Nabi dan Rosul sebelum Nabi Muhammad SAW sampai Nabi Muhammad SAW sendiri. Misalnya peristiwa atau sejarah tentang manusia yang pertama sekaligus Nabi yang pertama yang diturunkan oleh Allah, yaitu Nabi Adam as. Lalu ada lagi peristiwa yang menceritakan tentang perjalanan kehidupan Nabi NUH as beserta umatnya. Kemudian sejarah yang mengkisahkan tentang seorang Nabi Soleh as. Selanjutnya peristiwa yang dialami oleh yang disebut sebagai Bapaknya para nabi, yaitu Nabi Ibrohim as. Terus ada kisah yang menceritakan tentang sejarah Nabi Luth as. Juga tentang Nabi Musa as dengan mukjizatnya yang membelah laut, Nabi Yusuf as, Nabi Ayub as, Nabi Sulaiman as, nabi Yunus as sampai Nabi Isa as hingga peristiwa-peristiwa di jaman Nabi Muhammad SAW sendiri.
Dengan banyaknya penjelasan atau kisah sejarah yang dialami oleh para Nabi dan Rosul di dalam Al-Qur’an tersebut, maka terbuktilah bahwa pengalaman itu bisa menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi yang mengalaminya dan bisa pula sangat penting untuk dijadikan pelajaran oleh generasi-generasi berikutnya. Entah pengalaman itu jangan sampai terulang lagi di masa mendatang atau untuk menjadi bahan referensi. Ada sangat banyak sekali contoh-contoh pengalaman yang lain yang terjadi di masa era modern yang bisa menjadi pelajaran yang sangat berguna bagi generasi setelah peristiwa tersebut. Seperti peristiwa pahit akibat dari perang Dunia I dan Perang Dunia II, yang sangat banyak menelan korban jiwa dan kerusakan.
Dan peristiwa-peristiwa penting lainnya yang terjadi di dunia, termasuk di Indonesia.
 

OLEH-OLEH DARI PUNCAK BOGOR

 

lauk pauk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kawasan Puncak dan Bogor serta daerah di sekitarnya di sana karena sudah kelebihan atau surplus, maka dikirimlah dengan perasaan berat hati dan nggak enak tapi mau nggak mau jadi harus, oleh-oleh ke Jakarta yang memang sebetulnya sudah serba kekurangan, baik kurang air, karena serbuan air dari utara sana semakin dahsyat (baca: rembesan air laut yang asin), ataupun memang takdirnya kurang tinggi (baca:letaknya lebih rendah). Padahal propinsi DKI Jakarta sudah kadung menjadi barometernya Indonesia, menjadi andalan Indonesia, boleh juga disebut dengan istilah miniaturnya Indonesia. Tapi sayangnya oleh-oleh yang dikirm dari kawasan Puncak Bogor dan sekitarnya itu juga sangat berlebihan dan kurang cocok pada tempatnya, nggak proporsional, jadi boro-boro mau dimakan atau dikonsumsi dan dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari atau bisa jadi memang telah terjadi ketidak seimbangan alam. Yang tadinya harusnya menerima oleh-oleh itu sudah pada pergi atau dipaksa pergi entah kemana. Dan pabrik yang memproduksi oleh-oleh itu juga sudah berlebihan, atau di Puncak atau Bogor yang sudah menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit sana sudah pada tidak mau menerimanya, akhirnya kebanjiran oleh-oleh, tidak tertampung lagi, oleh-oleh pun nggak sempat termakan dan berserakan di mana-mana sampai akhirnya pada membusuk dan berbau. Ujung-ujungnya dibuang ke tempat sampah.
Apakah sebelumnya karena kurang berterima kasih, dikirim oleh-oleh malah ditolak, tidak disyukuri. Atau acuh tak acuh, istilahnya butuh nggak butuh. Ketika lagi berlimpah nggak disyukuri, malah dihambur-hamburkan sampai mubazir, ketika lagi sulit yang ada maki-maki. Maka ketka sudah kepepet, dibuatlah celengan dalam bentuk tempat penampungan sementara. Jadi nantiketika ada kiriman oleh-oleh dari Bogor Puncak, kalau lagi nggak butuh kan bisa ditampung di tempat itu atau celengan itu, nanti pada suatu saat lagi butuh nggak susah-susah nyarinya.

Jadi antara si pengirim oleh-oleh, dalam hal ini Puncak Bogor dengan si penerima oleh-oleh, dalam hal ini Jakarta dan sekitarnya yang posisinya lebih rendah, harus bekerjasama.

Jadi kerjasama dalam pengelolaan oleh-oleh ?

JUAL BELI MANUSIA

Segala kegiatan atau aktifitas antara manusia dengan manusia lainnya di mana yang satu memberi sebuah barang atau jasa kepada yang lainnya, kemudian yang lainnya langsung memberikan barang lain, terutama uang, ke yang satunya, baik yang bekas maupun yang baru, yang masih seger, itu sama juga artinya dengan jual beli.

ENTE JUAL ANE BELI!

Dalam sebuah arena pertarungan tinju atau arena olahraga yang dengan sengaja membenturkan fisikya, dalam hal ini tangan atau kakinya, tapi tolong jangan dengan mulutnya, nanti urusannya jadi beda, ke wajah atau badan lawannya, seperti tinju boxing, karate, pencak silat, thai boxing dan semacamnya, ada istilah jual beli pukulan. Artinya dalam pertarungan tersebut benar-benar terjadi saling menyerang dengan sengit. Gimana kalau jual beli tendangan ? “Hmmm. mungkin itu sepesial di cabang beladiri seperti tae kwon do, nendang melulu. Meski di dalam arena tawuran masal, terjadi juga jual beli tendangan termasuk juga pukulan, baik dengan tangan kosong maupun tangan berisi alias bersenjata.
Akhir-akhir ini di dunia olahraga sepakbola, bursa transfer yang terjadi biasanya transaksi yang diadakan oleh klub profesional yang dikelola oleh manusia untuk urusan penjualan dan pembelian pemain yaitu manusia juga. Dengan rekor transfer yang sangat fantastis dan makin menggila, harga seorang pemain saja yang bisa tembus ke angka triliunan. Maka pemain itu memang bisa menghibur jutaan penggemar sepakbola sekaligus, bahkan puluhan juta orang di seantero jagat dunia ini. Tapi apakah seandainya nilai transfer sebesar itu tiba-tiba di tangguhkan dulu alias pending dulu atau sebagian saja dipotong dan diberikan kepada kelompok jutaan manusia lain yang lagi susah sulit sembelit, akan dapat menghibur jutaan manusia yang lainnya yang nggak lagi susah?
Anak-anak remaja yang masih sangat belia, yang sudah terlihat berbakat main bola sudah dibina di tim junior sebuah klub dan natinya akan menggantikan pemain yang sudah tua di tim senior, artinya regenerasi terus berjalan. Bahkan beberapa pemain terkenal seperti Michael Owen, Wayne Rooney, Robinho, Neymar dan lain-lain, belum menginjak usia 20 tahun sudah bergabung dengan tim senior, karena kemampuan mereka sudah di atas rata-rata. Semakin ke sini para pemain muda semakin banyak yang lebih muda dan talentanya sudah cukup bagus. Jangan-jangan lama-kelamaan atau sebentar lagi, anak-anak yang masih balita juga sudah masuk DPO yaitu daftar pencarian orang. Maksudnya anak-anak itu sudah dipersiapkan oleh sebuah klub terkenal untuk dijadikan pemain binaannya. Jangan-jangan juga nanti yang masih jabang bayipun sudah dimasukkan ke dalam DPO juga, untuk dijadikan pemain bola. Kan bakatnya belum terlihat ? Soal itu barangkali bisa saja direkayasa, bisa diatur, teknologi kan berkembang terus. Jadi ada salah seorang pengurus sebuah klub sepakbola yang mendampingi seorang ibu yang sedang melahirkan di Rumah Sakit, nanti anak itu sudah diproyeksikan jadi pemain sepakbola. Itu juga kalau ibunya ikhlas bayinya sudah dijadikan proyek sepakbola, kalo tidak, maka bisa jadi transaksi yang bisa jadi menggiurkan. SI mamanya bayi itu bisa langsung terima duit. Samakah yang semacam itu dengan apa yang dinamakan dengan jual beli bayi? Bedakah dengan jual beli manusia? Legalkah?
Namun entah kapan dan sepakbola macam apakah yang melakukan kegiatan seperti itu? Entah.