BAYAR HUTANG DULU, LUNASI SEKARANG

Bayar hutang yang dulu maksudnya kasih uangnya sekarang, caranya lunasi dulu sisa hutangnya, baru boleh pinjam lagi.
“Kamu hutang belum lunas, sudah mau pinjem lagi, gimana sih! “Masih ada cicilan 1 Juta lagi nih!”
“Yah, abis gimana bos, saya kan lagi ada urusan mendadak, misalnya anak sakit, istri sakit, bayar anak sekolah, dompet kecopetan dll dll… Lagian juga bos, saya juga sebenarnya malu alias nggak enak minjem duit lagi, tapi mu gimana lagi and dapet duit darimana lagi, kecuali dari sini”
“Ya udah sana, ambil ke kasir !”
“Tengkyu ya bos”.
“Wah ini sih sama juga GALI LOBANG UNTUK TUTUP SETENGAH LOBANG, LAMA-LAMA CUMA UNTUK NUTUP SEPERTIGA LOBANG. Jangan-jangan malah NGGAK BISA TUTUP LOBANG HINGGA TUTUP USIA ?
Hutang makin membesar, membengkak. Gimana cara melunasinya yah ?
Kalo orang berhutang istilahnya GALI LOBANG, maka kalo negara berhutang istilahnya apaan yah ?
Kebutuhan ini itu dalam hidup di jaman sekarang memang sulit diprediksi. Kebutuhan primer sudah terpenuhi, sekunder tersedia, yang tertier ? kebutuhan ekstra tertier ? Apaan aja sih kebutuhan ekstra tertier itu ?
Ada yang bilang “Wah lu harus lari tuh !” “Maksudnya ?” “Yah, jangan sampai kalau cepat adu lari sama kebutuhan hidup”

balaplari

 

 

 

 

https://evsetia.wordpress.com/2013/12/06/bayar-hutang-sampai-lunas/

 

Beberapa tahun yang lalu, negara adidaya Amerika Serikat yang sering memberi utangan kepada negara-negara yang kurang duit , sempat krisis juga gara-gara urusan utang juga.
Beberapa tahun yang lalu negara di mana Lionel Messi berasal yaitu Argentina mengecam lembaga donor Internasional yang dinilai hanya merugikan negaranya saja.
Konon kabarnya, orang-orang kaya itu utangnya lebih gede dibanding orang-orang miskin. Lalu apakah negara-negara kaya utangnya juga lebih gede dibanding negara miskin ?
Kabarnya juga, sistem kapitalis itu artinya sistem yang berbasis hutang. “Ah gak tau deh”
Yang penting bisa bertahan dari serbuan pasukan ganas yang namanya hutang.
Hutang lunas, bisa jalan-jalan tenang ke Monas. Hutang nggak lunas-lunas, sama juga kena kanker ganas.